Ganjar-Mahfud Ingin Optimalkan Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia

Kamis, 16 November 2023 - 13:41 WIB
loading...
A A A
2. Busana
Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, memiliki potensi besar dalam mengembangkan industri halal fesyen. Data dari State of the Global Islamic Economy Report 2019-2020 menunjukkan bahwa umat Islam menghabiskan USD 283 miliar untuk produk pakaian, dengan proyeksi sektor fesyen tumbuh menjadi USD 402 miliar pada 2024. Industri busana muslim Indonesia terus berkembang, dengan ekspor sektor tersebut mencapai USD 9,2 miliar pada tahun 2019.

Indonesia juga menduduki posisi ketiga dalam Top 10 Modest Fashion dan Top 10 Fashion Muslim Consumer Markets, dengan total pengeluaran sebesar USD 21 miliar. Dalam mewujudkan ambisi menjadi pusat industri halal fesyen dunia, dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan kolaborasi antarindustri, menjadi kunci penting. Potensi ekspor yang menjanjikan, keberagaman desain, dan pertumbuhan brand lokal turut menjadi faktor yang mendukung Indonesia menuju kiblat fesyen muslim global.



3. Wisata
Mengembangkan pariwisata Indonesia sebagai bagian dari Pusat Industri Halal Dunia oleh Ganjar-Mahfud adalah hal yang masuk akal. Menurut Laporan Mastercard Crescentrating Global Travel Market Index (GMTI) 2019, diprediksi akan ada 230 juta wisatawan muslim secara global pada 2026, yang meningkat dari 140 juta pada 2018.

Indonesia yang diakui sebagai negara dengan Wisata Halal Terbaik di Dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI) pada 2019, memiliki potensi besar dalam mengembangkan wisata halal. Prestasi ini diperkuat oleh fakta bahwa 20% dari total turis asing yang datang ke Indonesia merupakan wisatawan muslim. Pulau Lombok, salah satu destinasi potensial wisata halal di Indonesia, telah meraih penghargaan sebagai The World Best Halal Tourism Destination pada 2015 dan terus meningkat dalam kualitas layanan komunikasi. Dengan modal jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia diharapkan dapat menjadi pusat industri halal dunia dalam sektor pariwisata.

Demikian informasi seputar sektor-sektor industri yang dapat dikembangkan oleh Indonesia berdasarkan rencana pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud dalam mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia.
(fjo)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2217 seconds (0.1#10.140)