Perbandingan PDB Israel dan Palestina Pasca Operasi Badai Alqsa, Bikin Ekonomi Mundur 19 Tahun

Kamis, 23 November 2023 - 11:01 WIB
loading...
Perbandingan PDB Israel dan Palestina Pasca Operasi Badai Alqsa, Bikin Ekonomi Mundur 19 Tahun
Perang Israel versus Hamas yang sudah berlangsung sejak 7 Oktober 2023, memberikan tekanan terhadap perekonomian kedua negara. Lantas berapakah produk domestik bruto atau PDB Israel dan Palestina? Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perang Israel versus Hamas yang sudah berlangsung sejak 7 Oktober 2023, memberikan tekanan terhadap perekonomian kedua negara. Lantas berapakah produk domestik bruto atau PDB Israel dan Palestina ?



Laporan terbaru yang dikeluarkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) coba menguraikan dampak buruk perang terhadap ekonomi Palestina setelah sebulan perang dan pengepungan total Israel di Gaza.

Produk domestik bruto menyusut 4% di Tepi Barat dan Gaza pada bulan pertama perang, mengirim lebih dari 400.000 orang ke dalam kemiskinan. PBB menyebutkan dampak ekonomi itu tidak terlihat dalam konflik di Suriah dan Ukraina, atau perang Israel-Hamas sebelumnya.



Memanasnya kembali situasi di Gaza saat Pasukan Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel pada 7 Oktober. Lebih dari dua pertiga penduduk Gaza yang berjumlah 2,3 juta telah meninggalkan rumah mereka sejak Israel melancarkan serangan udara intens selama berminggu-minggu diikuti oleh operasi darat yang sedang berlangsung, dimana Isreal bersumpah untuk melenyapkan Hamas.

Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza mengatakan, pada hari Kamis bahwa 10.818 warga Palestina, termasuk lebih dari 4.400 anak-anak, telah tewas sejauh ini.

Penilaian cepat konsekuensi ekonomi dari perang Gaza, yang dirilis oleh Program Pembangunan PBB dan Komisi Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia Barat, adalah laporan PBB pertama yang menunjukkan dampak buruk dari konflik, terutama pada Palestina.

Jika perang berlanjut hingga bulan kedua, PBB memproyeksikan bahwa PDB Palestina, yang tercatat USD20,4 miliar sebelum perang dimulai akan turun 8,4% dan bakal menelan kerugian USD1,7 miliar.

Selanjutnya jika konflik berlangsung sampai bulan ketiga, PDB Palestina akan turun 12%, dengan proyeksi kerugian USD2,5 miliar dan lebih dari 660.000 orang didorong ke dalam kemiskinan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2202 seconds (0.1#10.140)