Sektor Bisnisnya Terpuruk, Israel Terancam Bangkrut

Kamis, 07 Desember 2023 - 13:28 WIB
loading...
Sektor Bisnisnya Terpuruk, Israel Terancam Bangkrut
Perekonomian Israel terguncang saat sektor bisnis di negara tersebut terpuruk akibat dampak perang di Gaza. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Para pelanggan Hotel Atlas Israel baru-baru ini menerima email yang tidak biasa - permohonan putus asa untuk memberikan sumbangan guna menyelamatkan perusahaan. Atlas telah membuka 16 hotel butiknya untuk menampung 1.000 pengungsi setelah serangan Hamas pada 7 Oktober lalu, namun ternyata pemerintah belum mengganti biayanya.

"Kami meminta bantuan kepada pemasok, kontak di luar negeri, karyawan kami, dan Atlas A-list – pelanggan terbaik kami," kata manajer operasi Lior Lipman seperti dilansir Finansial Times, Rabu (6/12/2023). Pesannya sangat jelas, tambahnya: "Jika kita tidak dapat mendanai diri kita sendiri, bisnis ini akan bangkrut."

Lipman mengatakan, Atlas Hotel masih menunggu bantuan pemerintah. "Saya mengharapkan negara untuk mendukung saya ketika saya mencoba membantu orang lain," tambahnya. "(Tetapi) saya tidak yakin kita akan memiliki jaring pengaman."



Perang dengan Hamas telah memberikan guncangan pada perekonomian Israel yang bernilai USD488 miliar, mengganggu ribuan bisnis, membebani keuangan publik dan menjerumuskan seluruh sektor ke dalam krisis.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menjanjikan transfer uang tunai dalam jumlah besar ke perusahaan-perusahaan dan wilayah-wilayah yang terancam punah dalam skala besar. "Panduan saya jelas, kami membuka keran, menyalurkan uang kepada semua orang yang membutuhkan," katanya. "Selama dekade terakhir kita telah membangun perekonomian yang sangat kuat dan berapa pun dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh perang ini, kita akan membayarnya tanpa ragu-ragu."

Netanyahu berbicara ketika Menteri Keuangan Bezalel Smotrich mengumumkan bantuan kepada tentara cadangan dan langkah-langkah untuk memberi kompensasi kepada dunia usaha atas kerugian akibat perang. Para pimpinan dunia usaha Israel menyambut baik paket bantuan tersebut, namun banyak pula yang mengatakan bahwa bantuan tersebut belum cukup.

Kritikus mengatakan kriteria kelayakan terlalu ketat, sementara yang lain mengatakan langkah-langkah tersebut tidak membantu perusahaan-perusahaan besar. "Pemerintah mengabaikan rakyatnya," kata Ron Tomer, ketua Asosiasi Produsen Israel. Menurut dia, banyak di antara mereka yang tidak mendapat kompensasi penuh atas hilangnya pendapatan.

Israel berada dalam keadaan terguncang sejak serangan Hamas. Invasi darat ke Gaza dan pemboman tanpa henti yang telah menewaskan sekitar 10.022 warga Palestina, diiringi dengan pengerahan sekitar 350.000 tentara cadangan Israel yang merupakan 8% dari angkatan kerja negara tersebut. Sementara itu, 126.000 warga sipil dari utara dan selatan Israel telah direlokasi dalam upaya melindungi mereka dari serangan rudal dan mortir Hamas oleh Hizbullah.

Meski mendapat dukungan publik, perang kali ini membawa Israel ke wilayah yang belum dipetakan sebelumnya. Peristiwa yang paling mirip adalah perang Gaza pada tahun 2014, saat pasukan Israel menginvasi wilayah miskin tersebut sebelumnya. Namun, perang tersebut berlangsung selama 49 hari dan melibatkan pasukan cadangan yang jauh lebih sedikit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0837 seconds (0.1#10.140)