The Best Mining Downstream Transformation Jadi Tantangan MIND ID untuk Terus Berinovasi

Jum'at, 15 Desember 2023 - 11:09 WIB
loading...
A A A
Inalum juga fokus mengerjakan Proyek Port Upgrading dan Proyek Brownfield bersama Emirates Global Aluminium (EGA). Inalum berupaya memaksimalkan hilirisasi produk aluminium hingga dapat dilipatgandakan.

Terkait sektor logam dan mineral timah, PT Timah Tbk memiliki proyek Top Submerged Lance (TSL) Ausmelt Furnace dengan biaya investasi mencapai USD80 juta. Melalui teknologi ini, perusahaan dapat memproses timah dengan kadar rendah hingga 40%.

Proyek smelter ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan tingkat timah yang dihasilkan, sehingga mendorong percepatan hilirisasi dalam negeri terkait ketersediaan mineral timah sebagai komoditas. Selain itu, smelter ini juga diharapkan akan meningkatkan nilai tambah pengolahan timah di dalam negeri, menambah produksi varian timah, dan menyerap lebih banyak lapangan pekerjaan.

MIND ID juga melakukan kerja sama dengan mitra strategis dari dalam dan luar negeri untuk mewujudkan industrialisasi. Hal itu bisa dilihat dari pengembangan bisnis kendaraan listrik yang mampu mencakup kawasan Asia Pasifik melalui PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC).

Sementara itu, keberhasilan hilirisasi ini sudah tercermin dari kinerja laba MIND ID yang terus bertumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2020, laba bersih MIND ID hanya sebesar Rp698 miliar.Angka tersebut melonjak menjadi Rp10,39 triliun pada 2021. Selanjutnya pada 2022, laba bersih MIND ID kembali bertumbuh menjadi Rp16,2 triliun.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)