10 Alasan Ekonomi Rusia Tumbuh Tinggi Atasi Sanksi Barat

Sabtu, 30 Desember 2023 - 07:30 WIB
loading...
10 Alasan Ekonomi Rusia Tumbuh Tinggi Atasi Sanksi Barat
Tak hanya sukses mengatasi sanksi Barat, perekonomian Rusia juga diprediksi mengungguli G7 dan UE di tahun 2023. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Di luar dugaan, perekonomian Rusia tumbuh jauh lebih cepat dari yang diperkirakan pada tahun 2023. Hebatnya lagi, hal itu terjadi di tengah gempuran sanksi Barat terhadap perekonomian Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebutkan, perekonomian negara itu tumbuh sebesar 3,2% dalam 10 bulan pertama tahun 2023 dan akan mencatat pertumbuhan sebesar 3,5% pada akhir tahun ini, melampaui tingkat yang tercatat sebelum konflik di Ukraina. Rusia diproyeksikan akan mengungguli seluruh perekonomian G7 dan Uni Eropa (UE), serta semua negara lain yang menerapkan sanksi tersebut dalam hal pertumbuhan PDB tahun ini.



Mengutip Russia Today, setidaknya ada 10 alasan mengapa kinerja perekonomian Rusia sepanjang tahun 2023 tumbuh dengan baik.

1. Beradaptasi dengan sanksi
Perekonomian Rusia tidak hanya mampu bertahan dari pembatasan Barat, namun juga mengalami pertumbuhan yang lebih kuat melalui hubungan perdagangan baru dan peningkatan investasi dalam produksi dalam negeri. Pakar dan politisi internasional mempertanyakan efektivitas sanksi tersebut, dan memperingatkan bahwa sanksi tersebut dapat membahayakan perekonomian global. Mereka berpendapat bahwa tindakan hukuman tersebut tidak efektif dan sudah ketinggalan zaman. Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia percaya bahwa sanksi-sanksi Barat telah gagal karena efek "jebakan negara besar", yaitu sebuah negara yang kaya akan sumber daya dan mencakup 11 zona waktu tidak dapat diisolasi. Presiden Rusia Vladimir Putin telah berulang kali menyatakan bahwa Barat menyerang dirinya sendiri dengan pembatasan tersebut.

2. Performa ekonomi
Perekonomian Rusia telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa dalam menghadapi tekanan eksternal selama setahun terakhir, dengan PDB diperkirakan akan tumbuh sekitar 3,5% pada tahun 2023. Rusia diproyeksikan akan mengungguli seluruh perekonomian G7 dan UE, serta semua negara lain yang bergabung dalam sanksi tersebut, pada tahun dalam hal pertumbuhan PDB tahun ini. Pertumbuhan produksi industri diperkirakan sebesar 3,6%, dan utang publik luar negeri telah menurun dari USD46 miliar menjadi USD32 miliar. Pemerintah telah berjanji untuk terus berupaya mengurangi inflasi, yang masih sangat tinggi, dan diproyeksikan mencapai 7% tahun ini. Upah riil di Rusia juga terus meningkat dan pendapatan riil diperkirakan meningkat 5% tahun ini, di tengah tingkat pengangguran yang rendah secara historis sebesar 2,9%.

3. Kebijakan moneter bank sentral menjaga rubel tetap bertahan
Karena tekanan eksternal terhadap perekonomian Rusia dan mata uang nasional, Bank Rusia mengambil keputusan tepat waktu untuk mendukung rubel, yang telah anjlok ke level terendah dalam 16 bulan terhadap dolar dan euro pada pertengahan Agustus. Politico Europe baru-baru ini menunjuk kepala regulator – Elvira Nabiullina – sebagai "pengganggu" terbesar tahun ini, mengutip perannya dalam menstabilkan perekonomian Rusia meskipun ada tantangan, seperti sanksi yang menargetkan sektor keuangan, inflasi yang tinggi, dan jatuhnya rubel.

Kenaikan suku bunga bank sentral hingga saat ini sebesar 16% telah menyebabkan penurunan impor, dan akibatnya, penurunan permintaan mata uang asing dari importir, sehingga memperkuat nilai rubel. Pemulihan mata uang Rusia semakin cepat menyusul langkah-langkah pengendalian modal yang diberlakukan oleh pemerintah. Pengurangan defisit anggaran setelah pertumbuhan pendapatan minyak juga berdampak pada nilai tukar, seiring dengan peningkatan penjualan pendapatan mata uang asing oleh eksportir Rusia. Analis memperkirakan reli rubel akan berlanjut pada tahun 2024.

4. Eksodus negara-negara Barat dan pertumbuhan bisnis Rusia
Perusahaan asing yang meninggalkan Rusia karena sanksi Barat terus digantikan oleh perusahaan lokal pada tahun ini. Keluarnya mereka dilaporkan telah membuka peluang senilai 2 triliun rubel (sekitar USD22 miliar). Menurut Presiden Putin, Rusia tidak pernah meminta siapa pun untuk hengkang, namun eksodus perusahaan multinasional ternyata mempunyai manfaat, karena mendorong bisnis dalam negeri untuk tumbuh dan berkembang. Rusia tetap terbuka terhadap kembalinya perusahaan-perusahaan asing, tegas presiden tersebut, dan berjanji untuk menciptakan kondisi bagi mereka untuk beroperasi di negara tersebut.

5. Mengurangi ketergantungan pada minyak
Anggaran Rusia telah mengurangi ketergantungannya pada pendapatan minyak, karena pemerintah telah lama berupaya untuk mendiversifikasi sumber pendapatan dan mengurangi porsi ekspor sumber daya alam seperti minyak dan gas dalam pendapatan anggarannya. Pendapatan dari luar sektor minyak dan gas diperkirakan akan melebihi 3 triliun rubel (sekitar USD32,7 miliar) pada tahun 2023, menurut Menteri Keuangan Anton Siluanov. Pada saat yang sama, pendapatan Rusia dari ekspor minyak dan gas meningkat dan melampaui ekspektasi. Sejak negara-negara Barat secara efektif melarang minyak dan gasnya, Rusia telah berhasil mengalihkan ekspor energi ke Asia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)