Tawarkan Kerja Sama Pengelolaan Nikel ke Filipina, Erick Thohir Sebut Bisa Jadi Kekuatan Ekonomi

Kamis, 11 Januari 2024 - 08:33 WIB
loading...
Tawarkan Kerja Sama Pengelolaan Nikel ke Filipina, Erick Thohir Sebut Bisa Jadi Kekuatan Ekonomi
Menteri BUMN Erick Thohir menawarkan kerja sama di sektor energi khususnya pengolahan nikel saat bertemu dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), dan Menteri Perdagangan Filipina Alfredo E Pascual di Manila. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menawarkan kerja sama di sektor energi khususnya pengolahan nikel saat bertemu denganKamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), dan Menteri Perdagangan Filipina Alfredo E Pascual di Manila, Rabu (10/1/2024).Kerja sama investasi antara Indonesia dan Filipina terus diperkuat pemerintah kedua negara.



Indonesia memang menjadi salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia. Menurut Booklet Nikel 2020, cadangan nikel di Tanah Air mencapai 4,5 miliar ton. Dengan jumlah tersebut, Indonesia dijuluki sebagai raja nikel dunia.

“Saya bersama Kadin Indonesia bertemu Menteri Perdagangan Filipina, Alfredo E Pascual. Kami membuka peluang bekerja sama dengan Filipina dalam mengelola energi, khususnya nikel,” ucap Erick melalui akun Instagramnya, dikutip Kamis (11/1/2024).



Menurutnya, hilirisasi nikel memberi manfaat besar tidak hanya bagi makro ekonomi Indonesia, tapi juga Filipina. Sehingga, investasi di sektor tersebut terus digejot pemerintah.

“Nikel bisa menjadi salah satu kekuatan ekonomi di masing-masing negara. Kami ingin kekayaan alam negara kita bisa benar-benar dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Erick memang ikut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan lawatan ke tiga negara di Asia Tenggara (ASEAN), yakni Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam. Hingga Rabu siang, Kepala Negara dan rombongan masih berada negara Mutiara Laut dari Orien itu.

Melalui akun sosial medianya, Erick juga memperlihatkan dirinya mendampingi Jokowi saat bertemu dengan Presiden Filipina, Ferdinand Marcos jr atau Bongbong Marcos di Istana Malacanang Manila.

"Kami ingin hadir di sini, tidak hanya BUMN dan pihak swasta. Namun kami terbuka membuat konsorsium dengan biaya men Filipina untuk menjalin kemitraan ini," kata dia.

Indonesia, lanjut Erick, memandang Filipina sebagai mitra strategis untuk sejumlah kerja sama. Dalam kunjungan Jokowi kali ini, Indonesia menyepakati penandatanganan MoU dengan Filipina di sektor energi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2203 seconds (0.1#10.140)