Mendag Pede Ekspor Indonesia Mampu Tumbuh 11% Tahun Ini

Jum'at, 13 April 2018 - 17:32 WIB
Mendag Pede Ekspor Indonesia Mampu Tumbuh 11% Tahun Ini
Mendag Pede Ekspor Indonesia Mampu Tumbuh 11% Tahun Ini
A A A
BATAM - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengaku, tetap optimistis mampu mencapai target pertumbuhan ekspor yang telah direvisi dari semula 5-7% meningkat menjadi 11% sepanjang tahun 2018 ini. Meski begitu, Ia mengaku ada beberapa hambatan yang harus diselesaikan guna mencapai target tersebut.

(Baca Juga: Empat Langkah Strategis Percepatan Industri Berorientasi Ekspor
Menurutnya banyak hambatan yang bakal dihadapi, salah satunya soal tarif. "Ya, sebelas persen sesuai dengan raker Kemendag dan sesuai dengan yang sudah direvisi serta ditandatangani. Ada banyak hambatan tarif, tapi satu-satu kita bisa atasi," ungkap Mendag yakin di Batam, Jumat (13/4/2018).

Lebih lanjut, Ia menerangkan beberapa sektor yang mampu mendongkrak pertumbuhan ekspor Indonesia. Seperti diketahui dalam neraca perdagangan Indonesia telah mengalami defisit selama tiga bulan beruntun sejak Desember 2017, dimana terakhir pada Februari 2018 lalu berdasarkan data yang dirilis BPS masih defisit sebesar USD0,12 miliar.

Mendag memperkirakan, kelapa sawit serta industri kreatif dapat meningkatkan pertumbuhan ekspor dengan kontribusi cukup besar. "Kelapa sawit dan industri kreatif, serta kopi meningkat ke Afrika. Industri strategi juga bertambah cukup banyak seperti di antaranya kelapa sawit, batu bara hingga mesin," paparnya.

Perbaikan harga komoditas di pasar internasional seperti batu bara, serta kemenangan Indonesia atas tudingan antidumping produk biodiesel oleh Uni Eropa, diyakini dapat mendorong pencapaian target pertumbuhan ekspor sebesar 11%. Selain itu ada juga pembukaan pasar nontradisional di Afrika dan Asia Selatan, serta hasil evaluasi dari Atase Perdagangan dan International Trade Promotion Centre (ITPC) di kantor perwakilan perdagangan di luar negeri.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4618 seconds (0.1#10.140)