Jokowi Akan Tinjau Pembangunan Bandara Kertajati

Selasa, 17 April 2018 - 13:38 WIB
Jokowi Akan Tinjau Pembangunan Bandara Kertajati
Jokowi Akan Tinjau Pembangunan Bandara Kertajati
A A A
JAKARTA - Progres pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat atau sering disebut Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, mendekati rampung. Seiring itu, Presiden Joko Widodo akan meninjau langsung progres pembangunan Bandara Kertajati.

Menurut rencana, Presiden Jokowi dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada hari ini melihat langsung progres bandara yang saat ini telah mencapai 96%.

"Selasa siang rencananya pak Menhub akan mendampingi pak Presiden melihat langsung Bandara Kertajati. Untuk sisi udara sudah selesai 100%, sisi darat atau bangunannya telah mencapai 96%," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Baitul Ihwan, Selasa (17/4/2018).

Dengan progres pembangunan ini, Budi Karya berharap bandara ini dapat beroperasi pada angkutan Lebaran tahun ini, dengan melayani penerbangan ke sejumlah kota di luar Jawa seperti Medan, Lampung, Pontianak, dan Palangkaraya. Akan tetapi kepastian kota tujuan ini juga akan melihat kembali minat pasar.

Selain untuk melayani angkutan Lebaran, kata Baitul, pada tahun ini diharapkan bandara ini juga akan dapat digunakan sebagai bandara keberangkatan calon jemaah haji asal Provinsi Jawa Barat.

"Setelah angkutan Lebaran, bandara ini juga diharapkan bisa melayani sebagai embarkasi haji khususnya masyarakat dari sekitar Majalengka,” katanya.

Bandara Kertajati memiliki landas pacu atau runway berukuran 2.500 x 60 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan runway ini, Bandara Kertajati dapat didarati pesawat sejenis Boeing 777.

Selain itu, terdapat apron berukuran 576 x 151 meter persegi sehingga dapat menampung sebanyak 10 pesawat berbadan lebar. Pada sisi darat, Bandara Kertajati dilengkapi terminal penumpang berukuran 92.000 meter persegi.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6386 seconds (0.1#10.140)