APLI Awards 2023 Mendorong Industri Penjualan Langsung Segera Bertransformasi ke Digital

Selasa, 16 Januari 2024 - 12:14 WIB
loading...
APLI Awards 2023 Mendorong Industri Penjualan Langsung Segera Bertransformasi ke Digital
APLI Awards 2023’ merupakan rangkaian kegiatan tahunan APLI Convention 2023 dengan mengusung tema REIMAGINE, REINVENT, REDEFINE yang memberikan pesan agar industri penjualan langsung harus segera bertransformasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Keberadaan Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) dalam ekosistem perekonomian di Indonesia mendapatkan apresiasi dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang dinilai memiliki peran penting dan strategis. APLI juga dipercaya sebagai satu-satunya asosiasi penjualan langsung (Direct Selling) di Indonesia yang diakui oleh Federasi Asosiasi Penjualan Langsung Dunia (WFDSA).



Hal itu disampaikan Bambang Soesatyo di acara APLI Awards 2023 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu (14/1/2024) yang mengusung tema ”REIMAGINE, REINVENT, REDEFINE”. Tema tersebut diadopsi dari WFSDA World Congress XVII, Dubai beberapa waktu lalu.

Bambang Soesatyo menuturkan, selama hampir tiga tahun pandemi Covid-19, banyak sektor industri yang tumbang. Namun, industri penjualan langsung tetap menunjukan pertumbuhan yang konsisten. Ini tercermin dari laporan Federasi Asosiasi Penjualan Langsung Dunia atau WFDSA (World Federation of Direct Selling Associations) yang mencatat industri penjualan langsung secara global mengalami peningkatan signifikan.

“Industri penjualan langsung memiliki karakter bisnis yang tangguh dan adaptif, mampu menyesuaikan diri dan berinovasi dalam merespons dinamika pasar. Kontribusi penting sektor penjualan langsung terhadap perekonomian nasional, tidak hanya tercermin dari besarnya nilai transaksi yang mencapai puluhan triliun rupiah. Namun juga dari jutaan mitra usaha yang terlibat, yang sebagian besar adalah para pelaku UMKM dan para pengusaha pemula,” ujar Bambang Sosatyo.



APLI Awards 2023’ merupakan rangkaian kegiatan tahunan APLI Convention 2023 dengan mengusung tema yang memberikan pesan agar industri penjualan langsung harus segera bertransformasi dari yang bersifat konvensional “door to door” menjadi bersifat “digital”, sehingga dapat memasarkan secara luas untuk membangun, meningkatkan, dan mempertahankan reputasi dan kelangsungan industri penjualan langsung.

Ketua Umum APLI, Kany V. Soemantoro mengajak para mitra usaha yang terdaftar di perusahaan penjualan langsung yang bernaung di APLI, untuk tetap memiliki semangat yang tinggi membangun bangsa melalui kiprahnya di bisnis penjualan langsung secara sehat dan benar.

“Saat ini industri Penjualan Langsung mampu mendongkrak perekonomian negara dengan cukup signifikan, sumbangan terhadap produk domestik bruto di dominasi oleh konsumsi rumah tangga serta berkontribusi positif dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia,” ujar Kany V. Soemantoro.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen APLI Ina Rachman menambahkan, agar industri Penjualan Langsung ini terus bertumbuh di abad digital, tidak punah karena ketinggalan zaman, maka diperlukan peraturan yang khusus untuk mengatur dan membolehkan kegiatan industri Penjualan Langsung ini melalui platform digital sehingga dapat merubah paradigma “bisnis klasik” dengan menumbuhkan model-model interaksi dan transaksi yang modern antara perusahaan Penjualan Langsung dengan para mitra usahanya secara virtual tanpa menghilangkan ciri distribusi eksklusifnya.

APLI Awards 2023 dihadiri para pelaku industri Penjualan Langsung serta pemangku kepentingan guna mensosialisasikan kembali industri Penjualan Langsung serta dampak positif secara ekonomi dan sosial terhadap masyarakat.

APLI Awards 2023 ini merupakan penyelenggaraan kegiatan tahun ke 4, yang sebelumnya diawali oleh APLI AWARDS tahun 2020, tahun 2021 dan tahun 2022. Tujuan dari pada APLI AWARDS ini, untuk memberikan penghargaan setinggi tingginya kepada para mitra usaha yang telah mencapai peringkat tertinggi untuk kategori Top Sales Volume dan Top Sponsoring di perusahaan penjualan langsung khususnya perusahaan anggota APLI.

APLI Awards 2023 di sponsori oleh NU SKIN INDONESIA, HERBALIFE, BERKAH AMANAH SELALU (BASU), PM INTERNATIONAL DEPINDO, FITLINE, JAFRA ,TUPPERWARE, HWI, ATOMY, MILAGROS, HDI dan ORIFLAME serta dukungan dari Para Mitra Afiliasi APLI.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)