Ganjar-Mahfud Diyakini Bisa Wujudkan Kesejahteraan Petani hingga Nelayan

Rabu, 17 Januari 2024 - 18:44 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Diyakini Bisa Wujudkan Kesejahteraan Petani hingga Nelayan
Ketua Bidang UKM dan Koperasi DPP Partai Perindo Djoni Rolindrawan dalam Podcast Aksi Nyata, Selasa (16/1/2024). Foto/Suparjo R
A A A
JAKARTA - Program kesejahteraan petani, peternak hingga nelayan yang diusung Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, diyakini sangat bisa direalisasikan bila keduanya mendapat kepercayaan dari rakyat untuk memimpin Indonesia. Keyakinan tersebut ditegaskan oleh Ketua Bidang UKM dan Koperasi DPP Partai Perindo Djoni Rolindrawan.

Calon legislatif DPR RI Dapil Jawa Barat III itu mengatakan, program Capres-Cawapres nomor urut 3 itu sangat berpihak pada kalangan akar rumput, khususnya petani, peternak, hingga nelayan.

"Kebetulan saya pernah menghadiri kuliah beliau, Pak Ganjar di IPB, beliau memaparkan programnya. Jadi IPB mengeluarkan buku putih, walaupun saya belum membaca, sepintas, disampaikan bahwa program-program Pak Ganjar itu sama dengan yang di buku putih IPB itu," papar Djoni dalam Podcast Aksi Nyata, Selasa (16/1/2024).



Dia menjelaskan, di sektor pangan, upaya membangun kedaulatan pangan dan menjaga kestabilan harga bahan pokok menjadi prioritas utama Ganjar-Mahfud guna mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Ganjar-Mahfud pun menyiapkan sejumlah strategi untuk mengatasi masalah pasokan dan harga. Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, Ganjar-Mahfud telah menyiapkan lima jurus.

"Pertama membuat Pangan Terjamin, Terjaga, Terjangkau, dan Terdiversifikasi. Ganjar akan menjamin ketersediaan pangan dari dalam negeri, aman, berkualitas, murah, dan terdiversifikasi berbasis kearifan lokal serta mendukung Desa Mandiri Pangan. Selain itu, kepastian pangan murah melalui stabilisasi harga pangan juga akan dijaga," tuturnya.

Jurus kedua, Alsintan Modern dan Dukungan Sarana Prasarana. Menurut Djoni, Ganjar akan mendukung petani, peternak, dan nelayan dengan alat modern, benih unggul, pupuk berkualitas, murah, dan tepat waktu. Selain itu,memperbanyak sistem pengairan (waduk, bendungan, embung, dan irigasi), jalan usaha tani yang memadai, fasilitas cold storage, serta pengolahan dan pemasaran hasil tani, ikan, maupun ternak terintegrasi.



Upaya Ganjar berikutnya adalah menjadikan Industri Pangan Berkelanjutan. Dengan cara membangun industri pangan berdaya saing dengan mengutamakan sumber pangan lokal untuk mengolah hasil pertanian menjadi produk bernilai tambah melalui fasilitasi penelitian dan teknologi pangan ramah lingkungan.

Langkah keempat, lanjut dia, Ganjar bakal menyiapkan lahan subur untuk petani. Menghentikan alih guna lahan untuk memastikan lahan subur dan lahan produktif diberikan kepada petani kecil dan buruh tani, serta diperkuat dengan pengelolaan tata ruang yang adil dan berkelanjutan.

Kemudian jurus terakhir adalah memastikan petani, peternak, dan nelayan sejahtera dengan meningkatkan nilai tukar petani, nilai tukar nelayan, dan peternak dengan kebijakan perdagangan yang pro-produksi dalam negeri.

Selain itu, untuk menurunkan harga pangan, Ganjar beberapa waktu lalu juga telah mengungkapkan 3 jurus jitu guna membuat harga bahan pokok terjangkau kantong masyarakat. "Strategi tersebut telah sukses diterapkan Ganjar saat menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode dan akan diterapkan di tingkat nasional," ungkapnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)