Konsisten dalam Bina Mitra, Hutama Karya Dorong UMKM Naik Kelas

Selasa, 11 Agustus 2020 - 17:23 WIB
loading...
A A A
Selain Agrobisnis Edamame, UMKM lainnya yang sukses setelah menjadi mitra binaan Hutama Karya adalah Maradeca Home Industry yang merupakan usaha produksi biji kopi. Industri rumahan yang berlokasi di Kecamatan Panyileukan, Bandung, Jawa Barat ini awalnya mampu memproduksi 70 kg biji kopi per bulan.

Evrian Kharisma yang merupakan pemilik Toko Kopi Maradeca ini mengatakan bahwa Maradeca artinya merdeka yang berasal dari Bahasa Bugis. Pada tahun 2012 2016, ia merupakan seorang petani kopi yang menanam dan merawat tanaman kopi sendiri. Kemudian pada tahun 2017, ia masuk ke dunia bisnis dengan menjadi pebisnis ritel biji kopi. Selang dua tahun berlalu, sepak terjang Evri di dunia bisnis ritel, ia memutuskan untuk membuka toko sendiri untuk mendistribusikan produk kopinya. Sehingga, pada tahun 2019 ia berhasil mendirikan toko kopi sendiri dengan produk utamanya adalah kopi bubuk.

Maradeca Home Industry mulai menjadi mitra binaan Hutama Karya pada tahun 2019. Saat itu, Evri mengaku bahwa ia kekurangan modal untuk mengembangkan usahanya. “Sejak bergabung dengan kluster UMKM Binaan Hutama Karya yang ada di Bandung dan menerima modal kerja dari perusahaan, produksi kopi dan jangkauan pasar Maradeca mengalami peningkatan setidaknya 10% per bulan. Dengan begitu, hal ini meningkatkan omzet penjualan dari bisnis kami. Kami sangat berterima kasih kepada Hutama Karya,” ujar Evri.

Selama 5 tahun terakhir sejak tahun 2015 hingga tahun 2019, Hutama Karya telah menyalurkan puluhan miliar untuk program kemitraan dan membantu lebih dari 1200 UMKM. Selain dua mitra binaan unggulan perusahaan diatas, Hutama Karya juga memiliki mitra binaan lainnya di berbagai sektor industri. Diantaranya Konveksi Unggul Barokah yang memproduksi jaket jeans di Cibiru, Bandung; Leewar Home Industry yang merupakan konveksi celana jeans di Cimahi, Jawa Barat; Marglobal Home Industry yang memproduksi pakaian apparel & screen printing di Arcamanik, Bandung; hingga Sipa Furniture yang memproduksi mebel di Subang, Jawa Barat.

“Program kemitraan Hutama Karya ini tidak akan berhenti sampai disini. Hutama Karya akan terus menyalurkan modal usaha bagi calon mitra binaan lainnya. Diharapkan dengan adanya dukungan dari BUMN, pijar UMKM di Indonesia tidak akan redup dan tetap berkontribusi dalam perekonomian bangsa terutama dalam masa pandemi ini,” tutup Fauzan, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

#BUMNBangkitkanUMKM
#HutamaKaryaBangkitkanUMKM
#BUMNUntukIndonesia
#HutamaKaryaUntukIndonesia
#MenghubungkanKebaikanUntukIndonesiaMaju
#InovasiUntukSolusi
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)