Majukan Industri Kopi Tanah Air, Rotaryana & SCAI Gelar Sensory Bootcamp

Jum'at, 26 Januari 2024 - 15:27 WIB
loading...
Majukan Industri Kopi Tanah Air, Rotaryana & SCAI Gelar Sensory Bootcamp
Dalam rangka memajukan industri kopi tanah air di kancah internasional khususnya dalam hal kompetisi, Rotaryana dan Aksi-SCAI menghadirkan Sensory Bootcamp. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Dalam rangka memajukan industri kopi tanah air di kancah internasional khususnya dalam hal kompetisi, Rotaryana dan Aksi-SCAI menghadirkan Sensory Bootcamp. Ini adalah sebuah workshop tatap muka pertama kali di Indonesia sebagai wadah pembelajaran bagi seluruh pelaku industri kopi guna mengharmonisasikan dan memperkaya wawasan komunitas kopi Indonesia .



Sensory Bootcamp sudah berlangsung di 5 kota-kota besar di Indonesia dan terbuka untuk umumserta bersifat gratis bagi siapapun yang siap menjadi bagian dari aksi bersama meningkatkan industri kopi di tanah air. Kurikulum Sensory Bootcamp dirancang secara khusus dengan mengacu pada World Coffee Championship yang terdiri dari basic knowledge dan technical skill hingga implementasi secara nyata, serta diedukasi secara langsung oleh para profesional yang telah tersertifikasi di bidangnya.

President Director Rotaryana, Karisma Kamdani menekankan, komitmennya dalam mendukung industri kopi di Indonesia dengan menggandeng Aksi-SCAI untuk meyongsong para pelaku industri berkualitas, khususnya dalam hal kompetisi lewat Sensory Bootcamp. Workshop ini dihadirkan di kota-kota besar guna menyamaratakan perkembangan industri.

“Sensory Bootcamp disambut antusiasme dan semangat belajar para peserta yang berkesempatan mengikuti workshop bersama mentor profesional ini,” tambahnya.



Mengingat capacity building bersifat mendasar tapi didesain terarah, Sensory Bootcamp didefinisikan sebagai gerbang utama bagi para pelaku industri kpi. Khususnya sebagai bagian dari kompetisi profesional sebelum melaju ke sertifikasi nasional yang diselenggarakan dengan menggunakan standar Rules and Regulation World Coffee Event yang berlaku.

Rotaryana dan Aksi-SCAI selaku penyelenggara memastikan jaminan mutu pendidikan yang sesuai standar World Coffee Event sehingga mampu menciptakan kompetisi profesional yang memiliki daya saing di forum nasional dan internasional.

Daryanto Witarsa selaku Ketua Umum Aksi SCAI menambahkan, kompetisi yang ideal tentunya diiringi dengan kualitas juri yang kompeten. Oleh karena itu program Sensory Bootcamp ini menjadi gerbang awal untuk para pecinta kopi menjadi bagian dari ekosistem kompetisi kopi professional sebagai juri.

Bekerja sama dengan komunitas kopi lokal di masing-masing daerah dimana Sensory Bootcamp diadakan, Rotaryana dan Aksi-SCAI sepakat untuk tidak hanya mengadakan workshop yang berfokus pada aspek pendidikan dan peningkatan keterampilan semata. Namun juga menciptakan stigma positif serta membentuk fondasi yang kokoh untuk keberlanjutan industri kopi lokal, menciptakan lingkungan di mana para pelaku usaha kopi lokal dapat berkembang secara berkelanjutan dan memberikan dampak positif pada komunitas sekitar.

“Roadshow Sensory Bootcamp di kota-kota besar ini merupakan langkah awal kami, Rotaryana dan SCAI, mengedukasi serta membuka peluang teruntuk siapapun dengan background apapun yang berkeinginan membangun industri kopi di seluruh wilayah tanah air,” tambah Head of Marketing & Communication Rotaryana, Randy Apriza Akbar.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)