Profil Asdo Artriviyanto, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia

Rabu, 31 Januari 2024 - 18:05 WIB
loading...
Profil Asdo Artriviyanto, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia
PT Kereta Commuter Indonesia. FOTO/Dok.
A A A
JAKARTA - Asdo Artriviyanto merupakan direktur utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang ditunjuk PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) selaku pemegang saham pada saat melakukan pergantian jajaran direksi Perusahaan KAI Commuter pada Mei 2023 lalu.

Pergantian jajaran direksi ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri BUMN Nomor : PER-3/MBU/O3/2023 tentang Organ dan Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara.



Dilansir dari laman KAI Commuter, Asdo lahir di Yogyakarta pada tanggal 11 Desember 1971. Dirinya telah berkarier di PT Kereta Api Indonesia sejak tahun 1994.

Dalam riwayat pendidikannya, Asdo merupakan lulusan dari Studi Ekonomi Pembangunan Universitas STIE Kerjasama Yogyakarta. Dirinya lulus dan mendapat gelar sarjana pada tahun 1999.

Sebagai sarjana ekonomi, tentunya Asdo tak pernah berpikir akan terjun ke dunia transportasi. Terlebih dirinya berhasil masuk di PT KAI yang notabene merupakan perusahaan transportasi terbesar di Indonesia.

Sepanjang berkarier di PT KAI, Asdo sempat menjabat sebagai Corporate Deputy Director of Passenger Transport Marketing and Sales PT KAI di tahun 2019.



Selanjutnya, Asdo dipercaya untuk menjadi Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta di Juli 2021. Pada bulan September 2021 dirinya kembali berpindah jabatan untuk menjadi Executive Vice President Corporate Secretary PT KAI.

Hingga pada Januari 2023, Asdo ditunjuk sebagai President Director PT Reksa Multi Usaha yang merupakan salah satu anak usaha dari KAI.

Barulah di bulan Mei 2023 dirinya mendapat kepercayaan untuk menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Demikianlah profil dari Asdo Artrivianto yang kini menjabat sebagai Dirut PT KCI. Jika dilihat dari kiprahnya di PT KAI, penunjukan ini tentunya sesuai dengan pengalamannya yang telah beberapa kali menduduki posisi penting di BUMN tersebut.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)