RI Diambang Krisis Tenaga Medis, Terawan: Perlu Ditambah Lagi!

Rabu, 12 Agustus 2020 - 18:31 WIB
loading...
RI Diambang Krisis Tenaga Medis, Terawan: Perlu Ditambah Lagi!
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut bahwa saat ini Indonesia tengah menghadapi krisis tenaga medis . Sebab itu, pemeritah perlu memperbanyak lagi Sumber Daya Manusia (SDM) sektor kesehatan untuk mendukung penanganan Covid-19.

"Masih banyak sekali kekurangan tenaga medis di seluruh daerah. Jadi perlu adanya program percepatan dalan melahirkan banyak tenaga medis," ujar Terawan dalam pres konferensi virtual, Rabu (12/8/2020).



Namun demikian, untuk memperkuat tenaga medis membutuhkan dukungan anggaran agar output yang disiapkan cukup handal untuk terjun di masyarakat. Pihaknya menyebut di daerah masih kurang tenaga medis di mana saat ini diperlukan dalam membantu masyarakat menangani wavah corona. "Anggaran dibutuhkan untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi tenaga kesehatan sehingga tercipta SDM yang handal dan berkualitas," kata dia.

Bca Juga: Sri Mulyani Siapkan Anggaran Antisipasi Krisis Tenaga Medis

Sebab itu, [ihaknya mendukung upaya memperkuat kembali kerja sama dengan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) di Kementerian Keuangan guna meningkatkan kemampuan tenaga medis dibidang kedokteran hingga nantinya memeperoleh gelar spesialis. "Kebutuhan pendidikan dan kapasitasnya dibutuhkan dukungan anggaran dengan memperkuat kerja sama dengan LPDP," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)