Bukan Dolar AS, Berikut Daftar 10 Mata Uang Terkuat di Dunia pada 2024

Senin, 05 Februari 2024 - 17:11 WIB
loading...
Bukan Dolar AS, Berikut Daftar 10 Mata Uang Terkuat di Dunia pada 2024
Berikut adalah 10 mata uang terkuat di dunia, berdasarkan nilai relatifnya terhadap dolar AS. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Dolar Amerika Serikat atau USD umumnya dipandang sebagai mata uang paling kuat di dunia dan tentu saja sebagai yang paling banyak diperdagangkan di panggung global dengan beberapa margin. Namun yang mengejutkan, greenback bukanlah yang terkuat dari 180 mata uang yang diakui sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh dunia.



Berikut adalah 10 mata uang terkuat di dunia, berdasarkan nilai relatifnya terhadap dolar AS . Penentuan sebagai mata uang terkuat dipengaruhi beberapa hal, mulai dari aliran modal, suku bunga, inflasi, dan jumlah uang yang beredar.

Jika inflasi rendah, maka nilai mata uang akan semakin meningkat. Mata uang selalu dihargai relatif terhadap mata uang lain, yang dikenal sebagai 'nilai tukar'.



Sebagian besar mata uang "mengambang", yang berarti nilainya berfluktuasi tergantung pada permintaan dan penawaran. Namun, beberapa mata uang dipatok, yang berarti nilainya relatif terhadap mata uang lain (seperti dolar AS) ditetapkan pada tingkat yang disepakati.

Analisa mata uang terkuat, didasarkan pada jumlah unit mata uang asing yang diterima dengan imbalan satu dolar AS. Nilai tukar bersumber dari data Open Exchange. Ini daftar10 mata uang terkuat di dunia:

1. Dinar Kuwait (KWD)


Dinar Kuwait adalah mata uang terkuat di dunia dengan 1 dinar Kuwait sama dengan USD3.25. Kuwait menjadi negara eksportir minyak bumi terbesar di dunia, dengan salah satu sumber utama ekonomi dari Kuwait berasal dari gas.

Kuwait terletak di antara Arab Saudi dan Irak, Dinar Kuwait diperkenalkan pada 1960-an dan pada awalnya dipatok ke pound Inggris sebelum dipatok kembali ke beberapa mata uang yang dirahasiakan.

2. Dinar Bahrain (BHD)


Dinar Bahrain adalah mata uang terkuat kedua di dunia dengan 1 dinar Bahrain setara dengan USD2.65. Minyak bumi menjadi sumber ekonomi Bahrain yang merupakan negara kepulauan di Teluk Persia di lepas pantai Arab Saudi.

Seperti Kuwait, negara ini mendapatkan banyak kekayaannya dari ekspor minyak dan gas. Dinar Bahrain mulai beredar pada tahun 1965 dan dipatok terhadap dolar AS.

3. Rial Oman (OMR)


Rial Oman adalah mata uang terkuat ketiga di dunia dengan 1 rial Oman setara dengan USD2.60 dolar AS (atau USD1 sama dengan 0,38 rial Oman). Oman terletak di antara Uni Emirat Arab dan Yaman di ujung semenanjung Arab. Seperti tetangga kaya lainnya, Oman adalah pengekspor utama minyak dan gas.

Rial Oman diperkenalkan pada 1970-an dan dipatok terhadap dolar AS. Meskipun cadangan minyaknya sedikit, Oman menjadi negara pengekspor minyak sebab lokasinya yang berada di Teluk Persia sehingga volume minyaknya dapat dikendalikan.

4. Dinar Yordania (JOD)


Posisi selanjutnya ada Dinar Yordania yang merupakan mata uang terkuat keempat di dunia dengan 1 dinar Yordania setara dengan USD1.41.

Yordania sebagian besar adalah negara yang terkurung daratan di Timur Tengah. Yordania tidak terlalu bergantung pada ekspor minyak dan gas daripada tetangganya, dimana mereka masih berkutat dengan pertumbuhan ekonomi yang lamban dan meningkatnya utang.

Dinar Yordania mulai beredar pada tahun 1950 dan dipatok terhadap dolar AS. Namun Dinar Yordania sebenarnya resmi dipakai sejak tahun 1949, menggantikan pound Transjordan.

5. Pound Sterling (GBP)


Pound Sterling mengisi posisi kelima sebagai mata uang terkuat di dunia dengan 1 pound Inggris setara dengan 1.27 dolar AS. Pound Sterling menjadi mata uang tertua di dunia yang telah digunakan sejak abad ke-8 Masehi.

Mata uang ini paling sering digunakan dalam perdagangan internasional dan digunakan sebagai mata uang cadangan oleh banyak bank sentral di dunia.

Inggris adalah negara terbesar keenam berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB), menurut Bank Dunia. Pound pertama kali diperkenalkan pada 1400-an sebelum desimal pada tahun 1971. Pounds mengambang bebas dan dengan demikian tidak dipatok ke mata uang lain.

6. Pound Gibraltar (GIP)


Pound Gibraltar adalah mata uang terkuat keeenam di dunia dengan 1 pound Gibraltar sama dengan USD1.27 (atau USD1 sama dengan 0,79 pound Gibraltar).

Gibraltar terletak di ujung selatan Spanyol dan secara resmi merupakan wilayah Inggris. Pound Gibraltar pertama kali diperkenalkan pada tahun 1920-an dan dipatok ke pound Inggris (setara, artinya satu GIP sama dengan satu GBP).

7. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)


Mata uang terkuat ketujuh di dunia, terdapat Dolar Kepulauan Cayman yang nilai 1 dolar Kepulauan Cayman setara dengan USD1.20.

Kepulauan Cayman adalah wilayah Inggris di Karibia dan merupakan pusat keuangan lepas pantai. Dolar Kepulauan Cayman pertama kali diperkenalkan pada 1970-an dan dipatok terhadap dolar AS.

8. Franc Swiss (CHF)


Franc Swiss adalah mata uang terkuat kedelapan di dunia dengan 1 franc Swiss bisa membeli 1.18 dolar AS (atau USD1 sama dengan 0,85 franc Swiss).

Franc Swiss adalah mata perdagangan resmi Swiss dan Liechtenstein yang dianggap sebagai tempat aman karena stabilitas politik Swiss. Swiss merupakan salah satu negara terkaya dengan ekonomi yang stabil, dimana sektor pariwisata menjadi sumber andalan.

Franc Swiss diperkenalkan pada tahun 1850 dan kemudian sempat dipatok ke euro sebelum pindah menjadi mengambang bebas, dalam artian tidak dipatok ke mata uang lain.

9. Euro (EUR)


Euro menjadi mata uang terkuat kesembilan di dunia dengan 1 euro setara dengan USD1.10 (atau USD1 sama dengan 0,91 euro).

Euro adalah mata uang resmi Zona Euro, yang tadinya dipakai 20 wilayah dan kini menjadi 27 negara yang merupakan bagian dari Uni Eropa. Mata uang Euro termasuk salah satu mata uang yang paling banyak diperdagangkan di dunia dan digunakan sebagai mata uang cadangan oleh bank sentral di seluruh dunia.

10. Dolar Amerika Serikat (USD)


Dolar AS adalah mata uang terkuat ke-10 di dunia, bernilai tepat 1 terhadap dirinya sendiri. Semua unit mata uang lainnya di seluruh dunia bernilai kurang dari satu dolar AS.

Dibuat pada 1700-an, dolar AS adalah alat pembayaran yang sah di AS, maupun wilayah AS lainnya, dan negara-negara berdaulat termasuk Ekuador dan Zimbabwe.

AS merupakan ekonomi terbesar di dunia berdasarkan PDB dan dolar AS sejauh ini merupakan mata uang yang paling banyak diperdagangkan secara global.

Dolar AS juga merupakan mata uang cadangan terbesar di dunia (mata uang yang paling banyak dipegang oleh bank sentral) dan merupakan mata uang yang digunakan untuk menentukan harga banyak komoditas, termasuk minyak, emas, dan tembaga.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)