Warga India Rebutan Cari Pekerjaan di Israel Tak Peduli Perang Gaza Berkecamuk

Senin, 05 Februari 2024 - 19:23 WIB
loading...
A A A
Kumar mengatakan, dia mengikuti berita dan tahu risikonya, tetapi Ia ingin mencari pekerjaan demi anak-anaknya. "Saya akan tersenyum saat menghadapi peluru – tetapi akan mengambil 150.000 rupee (USD1.800)," katanya.

10.000 Keluarga Akan Diberi Makan


Orang India yang bekerja di Israel menlihat peluang bagus. Di sisi lain Kedutaan Besar India di Tel Aviv mengatakan, ada sekitar 18.000 warga India di Israel. Mereka kebanyakan bekerja sebagai pengasuh yang merawat orang tua, serta banyak lainnya bekerja sebagai pedagang berlian dan profesional TI. Sedangkan lainnya sebagai pelajar.

Tetapi perekrut telah meluncurkan dorongan baru bagi pencari kerja.

Kepala Institut Pelatihan Industri Lucknow, Raj Kumar Yadav mengatakan, mereka memfasilitasi perekrut dari Israel dalam mencari 10.000 pekerja konstruksi terampil yang bisa mengantongi upah USD1.685 per bulan.

"Mereka akan memberi visa dan mengangkut orang-orang ini dengan pesawat sewaan," katanya, seraya menambahkan bahwa "10.000 keluarga akan diberi makan dengan baik dan akan terus bertambah".

Program ini didukung oleh pihak berwenang di kedua negara, katanya.

Juru bicara kementerian luar negeri India Randhir Jaiswal mengatakan, kepada wartawan pekan lalu bahwa ada perjanjian kerja yang sudah lama ada antara kedua negara.

Zona Merah


Ketika orang-orang itu mengantre di Lucknow, sekitar 4.500 kilometer (2.800 mil) jauhnya, Israel meningkatkan serangannya di kota Gaza Khan Yunis, di mana gerakan Islam Palestina Hamas mengatakan puluhan orang tewas dalam pemboman berat dan pertempuran perkotaan.

Perang meletus pada 7 Oktober ketika Hamas dan militan lainnya dari Gaza melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel yang mengakibatkan sekitar 1.140 korban jiwa, menurut penghitungan AFP dari angka resmi Israel.

Saat banyak pekerja asing memilih pergi dan banyak dari mereka melarikan diri setelah serangan membuat sektor pertanian merasakan dampaknya. Israel juga telah mencabut 130.000 izin kerja dari warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki.

Pekerja India coba untuk mengisi kesenjangan. Ayah dua anak, Keshav Das mengaku, dia merasa tidak punya pilihan. "Tidak ada pekerjaan di sini, jadi saya harus bekerja di suatu tempat," kata Das seperti dilansir AFP.

"Saya tahu saya akan berada di zona merah. Tapi saya harus memberi makan keluarga saya, jadi saya harus keluar. Kalau tidak, anak-anakku akan mati kelaparan," bebernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)