BI Solo Bersiap Kampanye Kartu Debit GPN

Kamis, 16 Agustus 2018 - 00:04 WIB
BI Solo Bersiap Kampanye Kartu Debit GPN
BI Solo Bersiap Kampanye Kartu Debit GPN
A A A
SOLO - Bank Indonesia (BI) Cabang Solo mulai ancang-ancang untuk mengkampanyekan kartu debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Selain edukasi kepada masyarakat mengenai GPN, BI juga akan membuka penukaran kartu lama menjadi kartu GPN.

Kepala BI Cabang Solo Bandoe Widiarto mengatakan, kegiatan edukasi akan dilaksanakan pada 19 Agustus mendatang di area Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi. Komunitas perbankan akan jalan kaki dan bersepeda mulai rumah dinas wali kota Solo Loji Gandrung hingga kawasan Ngarsopuro. "Selama perjalanan, komunitas perbankan akan melakukan edukasi kepada masyarakat," kata Bandoe Widiarto di Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/8/2018).

Dalam kesempatan itu, lanjutnya, nantinya juga akan diserahkan kartu debit GPN kepada wali kota dan jajaran Forkompinda Solo. Sedangkan pada 20-27 Agustus, mulai dilakukan penukaran kartu debit lama ke kartu debit GPN. Salah satu yang disasar adalah PNS di lingkungan Pemkot Solo. Pihaknya sudah meminta izin kepada wali kota untuk penggunaan balaikota terkait penukaran kartu debit GPN.

Solo merupakan lokasi kedua kampanye GPN setelah pertama di Jakarta, Yogyakarta dan Denpasar. Kampanye di Solo nantinya juga berbarengan di Semarang. Sementara, latar belakang kartu debit GPN karena selama ini masih menghadapi kendala untuk interkoneksi. Banyak mesin ATM yang tidak terkoneksi antara satu satu dengan bank lainnya. Selama ini operasi antar bank belum bisa efisien dan efektif.

Sementara, pemerintah menginginkan sistem pembayaran itu harus efektif, efisien dan aman. Munculnya banyak platform digital mengakibatkan terjadi fragmentasi. Bank cenderung eksklusif yang mengakibatkan biaya investasi menjadi mahal. Sehingga muncul banyak kartu dan edisi. Dengan GPN, maka cukup satu edisi bisa menerima semua kartu.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9737 seconds (0.1#10.140)