Perkuat Kerja Sama, Rusia-Iran Makin Kompak Bersatu Lawan Sanksi Barat

Selasa, 23 April 2024 - 12:55 WIB
loading...
Perkuat Kerja Sama, Rusia-Iran Makin Kompak Bersatu Lawan Sanksi Barat
Moskow dan Teheran semakin kompak bersatu memperkuat hubungan dalam menghadapi sanksi-sanksi Barat. FOTO/iStock
A A A
JAKARTA - Iran dapat mulai menerima kartu debit dan kredit Mir Rusia dalam beberapa bulan ke depan, atase perdagangan dari kedutaan Teheran di Moskow mengatakan kepada surat kabar Izvestia pada hari Senin. Menurut Mohsen Rahimi pekerjaan untuk mempersiapkan infrastruktur teknis yang diperlukan sudah berjalan, meskipun penerapan sistem ini akan memakan waktu. Langkah tersebut dilakukan ketika Rusia dan Iran terus membangun hubungan ekonomi yang lebih kuat.

Moskow dan Teheran semakin kompak bersatu memperkuat hubungan dalam menghadapi sanksi-sanksi Barat. Omzet perdagangan antarkedua negara mencapai USD4 miliar tahun lalu dan memiliki potensi pertumbuhan lebih lanjut, terutama di bidang manufaktur, teknik mesin, dan transportasi, menurut profesor di Universitas Keuangan di Moskow, Mikhail Khachaturyan.

"Pengujian sistem Mir sebagai alternatif Rusia untuk Visa dan Mastercard, dapat dimulai di Iran paling cepat pada akhir musim panas atau awal musim gugur," kata Mohsen Rahmini dilansir dari Russia Today, Selasa (23/4/2024).



Moskow dilanda gelombang sanksi pada tahun 2022 sebagai tanggapan atas operasi militernya di Ukraina, termasuk memutus banyak bank Rusia dari SWIFT, Visa, dan Mastercard. Sebagai tanggapan, Pemerintah Rusia mulai mempromosikan sistem Mir domestik sebagai alternatif yang dapat diandalkan.

Perekonomian Iran telah beradaptasi meskipun berada di bawah sanksi internasional selama beberapa dekade, kata para ahli, dan menambahkan bahwa Rusia dapat menggunakan pengalaman Teheran dalam melawan tekanan dari luar. Langkah untuk meluncurkan Mir di Iran adalah langkah maju yang logis dalam mengembangkan kerja sama bilateral setelah Teheran bergabung dengan kelompok ekonomi BRICS tahun ini, kata Tatiana Monaghan, sekretaris, kedua negara mengumumkan di KazanForum bahwa mereka telah menyelesaikan semua penyelesaian awal untuk penggunaan kartu Mir.



Iran dan Rusia juga sepakat untuk mengintegrasikan sistem ini dengan sistem serupa di Iran, Shetab, untuk memfasilitasi transaksi bersama. jenderal Kamar Dagang Internasional (ICC). Tahun lalu, kedua negara mengumumkan di Kazan Forum bahwa mereka telah menyelesaikan semua penyelesaian awal untuk penggunaan kartu Mir. Iran dan Rusia juga sepakat untuk mengintegrasikan sistem ini dengan sistem serupa di Iran, Shetab, untuk memfasilitasi transaksi bersama.

Keputusan untuk menggunakan Mir di Iran menjadi semakin penting sejak sejumlah negara yang disebut bersahabat, termasuk Armenia, Kirgistan, dan Kazakhstan, membatasi sistem ini karena khawatir akan menjadi sasaran sanksi sekunder, kata para ahli.
Kartu Mir saat ini diterima secara bebas di Abkhazia, Ossetia, dan Belarusia, dan dapat digunakan dengan batasan tertentu di Armenia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Kuba, Venezuela, dan Vietnam.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)