Kartu ATM Contactless, Ini Keuntungan dan Cara Pakainya

Jum'at, 26 April 2024 - 19:29 WIB
loading...
A A A
Hal ini tidak berlaku untuk kartu dengan garis-garis magnetik. Meskipun demikian kartu chip dan PIN masih merupakan yang paling aman karena tidak dapat diduplikasi dan membutuhkan data yang tidak terdapat di tempat lain pada kartu.

Pedagang yang menerima pembayaran nirsentuh memiliki terminal kasir dengan simbol khusus yang mengidentifikasi teknologi tersebut, yang mirip dengan logo wifi namun dibalik.

Keamanan Kartu ATM Contactless

Pembayaran nirsentuh adalah salah satu bentuk pembayaran yang paling aman. Setiap transaksi menghasilkan kode sekali pakai terenkripsi yang sangat sulit ditiru oleh peretas. Namun, karena pembayaran nirsentuh tidak memerlukan PIN, kartu nirsentuh yang hilang atau dicuri dapat digunakan untuk melakukan transaksi penipuan.

Tidak ada batasan jumlah pembayaran nirsentuh yang dapat Anda lakukan dalam sehari. Namun, dari waktu ke waktu, penyedia layanan Anda mungkin meminta Anda untuk memasukkan kembali PIN Anda secara manual. Hal ini dilakukan untuk memverifikasi identitas Anda dan mencegah penipuan. Kartu contstless Anda masih dapat berfungsi sebagai kartu biasa untuk transaksi chip atau gesek. Cukup masukkan atau gesek kartu Anda dan masukkan PIN Anda.

Cara Menggunakan Kartu ATM Contactless

1. Cari Mesin ATM dengan Logo Contactless

Saat kamu akan mengambil uang di mesin ATM, perhatikan logo yang menunjukkan fitur contactless. Biasanya, logo ini memiliki gambar gelombang atau tanda WiFi. Jika menemukan mesin ATM dengan logo tersebut, artinya bisa menggunakan kartu ATM contactless di ATM tersebut.

2. Tempelkan Kartu ATM di Dekat Logo Contactless

Langkah berikutnya yaitu tempelkan kartu ATM contactless di dekat logo contactless di mesin ATM. Hanya perlu mendekatkannya ke logo tersebut, bukan memasukkannya ke dalam slot seperti kartu konvensional. Lalu, mesin ATM akan segera mendeteksi kartu.

3. Masukkan PIN

Setelah kartu terdeteksi, mesin ATM akan meminta Anda memasukkan nomor PIN. Pastikan Anda memasukkan PIN dengan benar. Setelah itu bisa melanjutkan proses transaksi.

4. Pilih Transaksi yang Ingin Dilakukan

Di layar mesin ATM Anda akan melihat berbagai pilihan transaksi, seperti pengecekan saldo, penarikan uang, atau transfer dana. Pilih transaksi yang diinginkan dengan mengetuk opsi yang sesuai di layar. Proses ini biasanya dilakukan dengan layar sentuh atau tombol yang ada di mesin ATM.

5. Tunggu Proses Selesai

Setelah memilih transaksi, mesin ATM akan memproses permintaan Anda. Ini bisa memakan waktu beberapa detik hingga beberapa menit tergantung pada jenis transaksi yang dilakukan. Tunggu hingga proses selesai dan jangan cabut kartu kamu.

6. Ambil Kartu Setelah Selesai
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)