Hubungan Makin Panas, China Ancam Ekspor Anggur Australia

Selasa, 18 Agustus 2020 - 16:17 WIB
loading...
A A A
Jeffrey Wilson dari Perth USAsia Centre mengatakan, ada pola yang jelas mengenai pemaksaan secara ekonomi yang kini muncul. "Dubes China untuk Australia secara terbuka telah mengancam untuk memberikan sanksi terhadap anggur (Australia) April lalu. Jadi sulit untuk percaya bahwa ini adalah penyelidikan kebijakan perdagangan biasa," cetusnya.

Namun, Wilson memperingatkan bahwa industri anggur negara itu akan sangat terpukul jika Kementerian Perdagangan China menyimpulkan bahwa terjadi dumping dan kemudian menerapkan sanksi.

"Dengan China yang menyerap lebih dari sepertiga ekspor anggur Australia, pasar terbesar bagi Australia, dampak pengenaan tambahan cukai berpotensi jadi bencana bagi industri yang menyerap banyak tenaga kerja ini," ujarnya.

China tampaknya menggunakan ekonomi untuk menghukum Australia seiring memburuknya hubungan bilateral kedua negara akibat sejumlah perselisihan baru-baru ini.

(Baca Juga: AS Bersihkan Jaringan Telekomunikasi dari Semua Teknologi China)

Pemerintah Federal Australia membuat marah Beijing dengan mengeluarkan perusahaan telekomunikasi China Huawei dari jaringan 5G Australia. Australia pun telah lama frustrasi akibat meningkatnya serangan siber dari China. Pemerintah Australia juga berulang kali mengkritisi militerisasi Beijing atas Laut China Selatan dan penekanan negeri komunis itu pada Hong Kong.

Namun, China telah membantah bahwa langkah penerapan tarif pada kedelai Australia dan larangan impor dari sejumlah rumah potong negara itu terkait dengan ketegangan politik antara kedua negara.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2330 seconds (0.1#10.140)