Lombok Kembali Gempa, Kemenhub: Operasional Pelabuhan Berjalan Normal

Minggu, 17 Maret 2019 - 21:27 WIB
Lombok Kembali Gempa, Kemenhub: Operasional Pelabuhan Berjalan Normal
Lombok Kembali Gempa, Kemenhub: Operasional Pelabuhan Berjalan Normal
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyatakan operasional pelayanan transportasi laut di Pelabuhan Lembar, Pemenang dan Benete tetap berjalan normal, usai gempa berkekuatan 5,2 SR yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (17/3/2019) petang.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad menyampaikan telah menerima laporan masuk dari Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Lembar, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas II Pemenang dan Kepala UPP Kelas III Benete bahwa operasional di ketiga pelabuhan tersebut berjalan normal.

"Operasional berjalan normal tapi para petugas di kedua lokasi pelabuhan tersebut diminta meningkatkan kewaspadaan pasca gempa. Dan kami meminta melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap sarana dan prasarana yang ada," ujar Ahmad di Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Pelabuhan Lembar adalah salah satu pelabuhan yang digunakan untuk penyeberangan dan menjadi satu-satunya pelabuhan yang menghubungkan antara pulau Lombok dan pulau Bali. Pelabuhan Lembar terletak di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat dengan jarak pelabuhan Lembar dan kota Mataram sekitar 30 Km.

Pelabuhan Pemenang merupakan pintu masuk dan keluar wisatawan dari Bali, NTT dan pelabuhan lainnya yang akan ke Tiga Gili (Gili Meno, Gili Aer, dan Gili Trawangan) dengan jumlah kunjungan para wisatawan, baik domestik dan manca negara dari tahun ke tahun menunjukan adanya kenaikan signifikan.

Pelabuhan Benete yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat merupakan pelabuhan yang melayani penyeberangan dari Poto Tano ke Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sebagaimana dirilis oleh BMKG, Gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter terjadi pada hari inI (17/3) pukul 14:09 waktu setempat, dengan pusat gempa di darat 7 km barat laut Lombok Timur.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5418 seconds (0.1#10.140)