Kejar Target Emisi Nol Bersih, PLN IP Kebut Pengembangan Panas Bumi

Rabu, 05 Juni 2024 - 11:53 WIB
loading...
Kejar Target Emisi Nol Bersih, PLN IP Kebut Pengembangan Panas Bumi
PLN IP siap mendorong pengembangan proyek panas bumi untuk mengejar target NZE. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PLN Indonesia Power ( PLN IP ) siap mendorong pengembangan proyek panas bumi untuk mengejar target Enhanced National Determined Contribution (NDC) serta target emisi nol bersih Net Zero Emission (NZE).

Direktur Utama PLN IP Edwin Nugraha Putra mengatakan PLN IP terus berupaya mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) di antaranya adalah energi panas bumi. Pengembangan energi panas bumi dinilai berpotensi untuk terus dikembangkan. Pasalnya, Indonesia menyimpan 40% cadangan panas bumi dunia.

"Indonesia merupakan negara ring of fire, dikaruniai sumber energi panas bumi yang besar. Potensi tersebut perlu terus dikembangkan, dijadikan sumber energi listrik yang ramah lingkungan," kata Edwin dalam keterangannya, Rabu (5/6/2024).



Dalam mengoptimalkan panas bumi, PLN IP berkolaborasi dengan berbagai pihak di antaranya adalah Pertamina Geothermal Energy. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Joint Development Agreement (JDA) tanggal 30 Mei 2024 di Jakarta.

Menurut dia, dengan adanya JDA ini menandai tahap baru upaya dua perusahaan energi besar dalam negeri mengoptimalkan kapasitas sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Indonesia.

"Penandatanganan JDA ini akan merangsang pemanfaatan potensi sumber daya panas bumi yang dapat mendorong akselerasi transisi energi nasional, pencapaian komitmen Pemerintah terhadap target NDC dan NZE di Indonesia," tuturnya.

Adapun, JDA tersebut sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Joint Development Study Agreement (JDSA) oleh kedua korporasi pada tanggal 22 Februari 2024. Salah satu fokus utama JDA adalah pengembangan proyek co-generation di dua wilayah kerja panas bumi dengan memanfaatkan energi yang terkandung dalam brine untuk meningkatkan kapasitas produksi listrik.



Target pengembangan awal PLTP co-generation (binary plant) yang sudah siap dikembangkan yaitu di PLTP Ulubelu Binary Unit dan PLTP Lahendong Binary Unit yang masing-masing berpotensi menambah kapasitas terpasang sebesar 30 MW dan 15 MW.

"Dengan memanfaatkan hasil inovasi dan teknologi canggih maka pemanfaatan energi panas bumi bisa ditingkatkan, sehingga pemenuhan kebutuhan listrik di Tanah Air yang berasal dari EBT terus meningkat," jelasnya.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)