5 Produk Makanan dan Minuman Rusia yang Laku Keras di China, dari Miras hingga Susu

Kamis, 06 Juni 2024 - 12:09 WIB
loading...
A A A
Produk makanan manis dari Rusia juga sangat populer di China. Jenisnya cukup beragam, dari permen hingga es krim.

Namun, memang salah satu produk yang paling menjanjikan adalah es krim Rusia. Mengutip Tass, Moskow sudah melipatgandakan ekspor es krim ke Beijing pada 2023.

Adapun nilainya sendiri dalam bentuk tunai mencapai hampir USD2 juta. Angka ini adalah tiga kali lipat dibandingkan penjualan tahun 2022.

Agroexport menilai bahwa China menjadi salah satu pasar ekspor es krim Rusia yang paling menjanjikan. Es berbahan dasar susu adalah jenis produk yang paling populer di kalangan konsumen negara tersebut.

3. Daging Sapi

China merupakan salah satu konsumen daging sapi terbesar di dunia. Kondisi ini pun memunculkan peluang bagi industri daging di Rusia.

Mengutip EuroMeat, sejumlah pabrik daging sapi Rusia telah terdaftar oleh Administrasi Umum Bea Cukai China (GACC) sebagai perusahaan resmi produk daging sapi. Adapun kategori yang diizinkan mencakup daging sapi beku, lemak daging sapi beku yang tidak dimurnikan hingga urat daging sapi beku.

4. Susu

Menurut perkiraan Agroexport, China sudah mengimpor 1 juta ton susu bubuk pada 2022. Rusia sendiri menjadi salah satu pemasoknya yang signifikan.

Menurut Pusat Ekspor Rusia, produk susu paling populer di China adalah susu bayi, yoghurt, dan susu pasteurisasi untuk penyimpanan lama. Saat ini, puluhan perusahaan Rusia juga sudah punya izin untuk mengekspor produk susunya ke China termasuk Soyuzsnab dan EkoNiva.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)