Penyebab Muhammadiyah Tarik Dana Rp13 T dari BSI, Dikeker sejak 2020

Jum'at, 14 Juni 2024 - 21:25 WIB
loading...
A A A
Baca Juga: Terungkap Alasan Muhammadiyah Pindahkan Dana dari BSI ke Bank Lain

Pihaknya terus berkomitmen menjadi lembaga perbankan yang melayani semua kalangan masyarakat, baik institusi maupun perorangan dan memberikan pelayanan terbaik sekaligus berkontribusi dalam pengembangan ekonomi Indonesia.

BSI juga berupaya menjadi bank modern dan inklusif dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip syariah.

Concentration Risk

Risiko konsentrasi adalah risiko keuangan yang muncul ketika suatu entitas seperti bank memiliki eksposur yang tinggi terhadap satu pihak. Bank yang memiliki banyak pinjaman kepada satu perusahaan apabila perusahaan tersebut bangkrut maka bank akan mengalami kerugian besar.

Menyitir dari Investopedia, risiko konsentrasi mengacu pada bahaya lain yang mungkin dihadapi pemberi pinjaman. Risiko ini mempertimbangkan seberapa besar portofolio pinjaman mereka terkonsentrasi pada peminjam tertentu atau pada sektor ekonomi tertentu.

Seperti kegagalan Silicon Valley Bank yang dipublikasikan secara luas pada Maret 2023 sebagian besar disebabkan oleh risiko konsentrasi karena investasi besar bank dalam satu jenis utang, yaitu obligasi negara jangka panjang.

Jika entitas tersebut diketahui memiliki concentration risk yang tinggi reputasi dapat tercoreng dan investor dapat kehilangan kepercayaan. Sebab itu, alasan ini menjadi penting untuk dipertimbangkan.
(nng)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0656 seconds (0.1#10.140)