alexametrics

Lewat Argentina, Indonesia Tingkatkan Perdagangan di Amerika Selatan

loading...
Lewat Argentina, Indonesia Tingkatkan Perdagangan di Amerika Selatan
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri dan Kepercayaan Argentina. Foto/Dok.Kemendag
A+ A-
JAKARTA - Perdagangan dunia saat ini diliputi ketidakpastian akibat perang dagang dan sikap proteksionis dari negara-negara Uni Eropa. Untuk itu, Indonesia memberi perhatian khusus dengan meningkatkan perdagangan dan investasi ke pasar non tradisional yaitu Amerika Selatan, melalui Argentina dan Mercosur.

"Ekonomi Indonesia dan Argentina bersifat komplementer namun sejauh ini kurang banyak digali seperti dengan negara-negara di kawasan Asia dan Eropa. Untuk itulah diadakan pembicaraan pada tingkat menteri, sekaligus menindaklanjuti kunjungan Wakil Presiden Argentina baru-baru ini ke Jakarta," jelas Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Dalam pertemuan yang berlangsung terbuka tersebut, Mendag Enggar dan Menteri Luar Negeri dan Kepercayaan Argentina, Jorge Marcelo Fauire, sepakat membentuk tim kecil untuk mengkaji peningkatan perdagangan kedua negara.



Tim kecil ini akan mengidentifikasi hal-hal yang menjadi tantangan dalam perdagangan dua arah antara Indonesia dan Argentina. Dan secara paralel mengkaji kelayakan bagi digulirkannya perudingan preferensi antara Indonesia dan Mercosur, di mana Argentina merupakan salah satu pendirinya.

Enggar menyampaikan Indonesia berkomitmen meningkatkan kerjasama perdagangan dengan negara-negara Amerika Selatan. Hal ini mengingat kebutuhan yang semakin mendesak untuk mendiversifikasi pasar ekspor di tengah prediksi bahwa perekenomian dunia akan terus mengalami pelemahan tahun ini.

"Kerjasama ekonomi Indonesia dan Argentina akan memiliki nilai geostrategis yang penting. Indonesia dapat memanfaatkan Argentina sebagai regional hub memasuki pasar sekitar lainnya di kawasan Amerika Selatan. Demikian pula Argentina dapat memanfaatkan Indonesia untuk memasuki pasar ASEAN, pasar mitra FTA ASEAN, maupun pasar RCEP yang saat ini masih dirundingkan," imbuh Enggar.

Setelah melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri dan Kepercayaan Argentina, Mendag Enggar melakukan pertemuan terbatas dengan Presiden dan Wakil Presiden Kamar Dagang Mercosur-ASEAN yang terbentuk pada 2015.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak