Genjot Ekonomi Wisata, Negara-negara Asia Tenggara Berlomba Tawarkan Bebas Visa

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:25 WIB
loading...
A A A
Wisatawan China yang bepergian dalam kelompok yang diselenggarakan oleh lembaga yang terdaftar secara resmi juga mendapatkan manfaat dari perjalanan bebas visa selama 15 hari.

Mulai 1 Juli, wisatawan dari 22 negara juga bisa mendapatkan visa masuk ganda yang berlaku untuk masa tinggal hingga 60 hari. Sebelumnya, visa Laos hanya mengizinkan satu kali masuk ke negara tersebut dengan masa tinggal maksimal 30 hari.

2. Malaysia
Pada bulan Juni, Malaysia setuju untuk memperpanjang pembebasan visa bagi wisatawan China hingga akhir tahun 2026. Hal ini merupakan balasan atas persetujuan China untuk memperpanjang pembebasan visa bagi wisatawan Malaysia hingga akhir tahun depan, demikian yang dilaporkan Free Malaysia Today.

Malaysia mulai memberikan keringanan visa bagi wisatawan China sejak Desember tahun lalu. Jumlah wisatawan China ke Malaysia tercatat mencapai 758.000 pada kuartal pertama tahun ini.

3. Singapura
Mulai tanggal 9 Februari, pemegang paspor China telah dibebaskan dari persyaratan visa untuk tinggal hingga 30 hari di Singapura. Berkat kebijakan bebas visa ini, wisataan China untuk pertama kalinya menyalip Indonesia sebagai sumber pengunjung terbesar Singapura dalam enam bulan pertama tahun ini dengan jumlah mencapai 1,45 juta orang.



4. Vietnam
Seperti yang diumumkan secara resmi, mulai tahun 2024, warga negara dari 25 negara dapat melakukan perjalanan ke Vietnam dan tinggal di negara tersebut selama 14 hingga 45 hari tanpa harus mengajukan visa.

Tercatat, Vietnam sukses menarik lebih dari 8,8 juta wisatawan asing pada paruh pertama tahun 2024. Capaian itu meningkat dari angka sebelum pandemi.

5. Filipina
Negara tetangga Indonesia ini tercatat membebaskan visa bagi 37 negara. Demi menarik lebih banyak turis asing, Pemerintah Filipina pada tanggal 16 Juli 2024 lalu meluncurkan "pengabaian visa pelayaran", yang menjadikan akses masuk ke negara tersebut lebih mudah bagi orang asing yang berlibur dengan kapal pesiar.
Hingga 24 April 2024, Filipina mencatatkan kedatangan sebanyak 1.894.076 wisatawan mancanegara ke negaranya. Negara ini menargetkan kedatangan sebanyak 7,7 juta turis asing pada tahun ini.

6. Indonesia
Sementara itu, di dalam negeri, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara pada 2024 menjadi 17 juta kunjungan, dari sebelumnya 14,3 juta.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)