Daftar Negara Asia Penikmat Gas Rusia, Nomer 3 Bakal Jadi Konsumen Utama

Kamis, 08 Agustus 2024 - 13:24 WIB
loading...
A A A
Tujuan awalnya adalah untuk memastikan bahwa Gazprom mendapatkan akses ke infrastruktur transmisi di kawasan ini, khususnya pipa gas Asia Tengah China yang membentang dari ladang gas di Turkmenistan melalui Uzbekistan dan Kazakhstan hingga Tiongkok.

Hal ini akan memungkinkan penjualan dan pengangkutan gas Rusia ke pasar Tiongkok tanpa melakukan investasi mahal pada jaringan transmisi baru, dan akan meningkatkan kendali Rusia atas jaringan pipa di wilayah tersebut.



2. Kazakhstan

Fakta bahwa pasokan gas telah mulai mengalir ke Uzbekistan sementara ekspor ke Kazakhstan juga kemungkinan akan segera dimulai menunjukkan bahwa Gazprom akan berupaya mendapatkan akses terhadap infrastruktur transmisi regional secara bertahap, dengan meningkatkan volume ekspornya dan memperluas kerja sama di bidang ini.

Pada saat yang sama, data saat ini menunjukkan tingginya kebutuhan konsumsi di Kazakhstan dan Uzbekistan serta masalah di sektor gas mereka, yang produksinya gagal mengimbangi peningkatan permintaan.

Mengingat Kazakhstan sedang bergulat dengan peningkatan konsumsi domestik, yang mencapai 19,3 bcm pada tahun 2022, 7,2% lebih tinggi dari rencana kementerian energinya untuk tahun lalu, sementara produksi turun lebih dari 5% y/y menjadi 27,8 bcm.

Meskipun terdapat manfaat yang jelas bagi Kazakhstan dan Uzbekistan, kerja sama gas mereka dengan Federasi Rusia kemungkinan tidak akan berkembang menjadi 'persatuan' trilateral karena kekhawatiran bahwa Rusia akan memperoleh terlalu banyak kendali atas infrastruktur transmisi kedua negara.

3. China

Dilansir dari Anadolu Ajansi, sementara China kemungkinan akan menyalip UE sebagai konsumen utama gas Rusia setelah pipa Power of Siberia 2 mulai beroperasi pada tahun 2030 mendatang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)