Sanksi Barat Bikin Aset Rp693 Triliun Milik Perusahaan Rusia Tertahan di Luar Negeri

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 07:43 WIB
loading...
Sanksi Barat Bikin Aset...
Pebisnis Rusia tidak bisa mengakses miliaran dolar akibat masalah pembayaran di bank asing. Sanksi Barat menyulitkan bisnis Rusia dalam melakukan transaksi, menurut data dari bank sentral Rusia. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Pebisnis Rusia tidak bisa mengakses miliaran dolar akibat masalah pembayaran di bank asing. Sanksi Barat menyulitkan bisnis Rusia dalam melakukan transaksi, menurut data dari bank sentral Rusia .



Aset keuangan asing Federasi Rusia melonjak kembali mencapai USD4,7 miliar selama bulan Juli. Rusia melihat aset keuangan asingnya melonjak sebesar USD44,6 miliar atau setara Rp693 triliun (Kurs Rp15.539 per USD) sepanjang tahun ini.

Angka tersebut melonjak lebih dari 2 kali lipat dari peningkatan aset keuangan asing sebesar USD21,4 miliar yang tercatat pada periode yang sama tahun 2023, menurut data dari Bank of Russia.



Lonjakan aset asing sebagian besar disebabkan oleh "keterlambatan penyelesaian dalam kegiatan ekonomi asing," dan akumulasi pembayaran di luar negeri karena "rantai penyelesaian transaksi internasional menjadi lebih kompleks,", kata bankir sentral dalam perkiraan terbaru mereka tentang keuangan Rusia.

Masalah pembayaran yang dialami pebisnis Rusia ini merupakan dampak dari sanksi Barat. Kementerian Keuangan AS mengancam, bakal menjatuhkan sanksi sekunder pada lembaga-lembaga yang terlibat dengan ekonomi Rusia tahun lalu.

Langkah itu mendorong bank-bank internasional untuk menutup pintu mereka pada bisnis Rusia atau sangat membatasi jumlah pembiayaan yang mereka tawarkan – bahkan dari sekutu terdekat Rusia.

India, yang merupakan pembeli besar minyak Rusia pada awal invasi Ukraina, menolak beberapa kapal minyak setelah adanya kesulitan dalam pembayaran antara pemasok Rusia dan penyulingan India, kata para pedagang kepada Reuters.

Sementara Uni Emirat Arab (UEA), pelanggan minyak besar Rusia lainnya, baru saja menindak armada bayangan Rusia, dengan melarang beberapa kapal tanker berlabuh di pelabuhannya, menurut data pengiriman yang dikutip oleh Bloomberg.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)