alexametrics

Anggaran Kartu Sembako Rp28,1 Triliun, Orang Miskin Dapat Rp150 Ribu/Bulan

loading...
Anggaran Kartu Sembako Rp28,1 Triliun, Orang Miskin Dapat Rp150 Ribu/Bulan
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan anggaran sebesar Rp28,1 triliun untuk bantuan pangan atau yang disebut kartu sembako. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan anggaran sebesar Rp28,1 triliun untuk bantuan pangan atau yang disebut kartu sembako. Sebelumnya pemerintah telah menyiapkan Rp372,5 triliun untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah, miskin dan rentan miskin pada tahun 2020 mendatang.

"Kita menganggarkan Rp372,5 triliun untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah, miskin dan rentan miskin pada tahun 2020 mendatang," ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Lebih lanjut terang dia, dari anggaran tersebut tercatat penerima kartu sembako pada tahun 2020 sebanyak 15,6 juta keluarga miskin. Nantinya terang dia setiap keluarga miskin akan memperoleh bantuan sebanyak Rp150.000 naik dari sebelumnya sebesar Rp110.000 per keluarga.



"Perubahannya per bulan ditingkatkan dari Rp110.000 menjadi Rp150.000 ini menjadi nendang, tapi nanti kita prioritaskan apa saja yang perlu dilakukan, " jelasnya

Dia berharap adanya penambahan bantuan dan perluasan komoditas yang dapat diperoleh masyarakat, diyakini jumlah masyarakat miskin di Indonesia bisa tekan. Apalagi saat ini kemiskinan Indonesia berada di angka single digit atau di kisaran 9%.

"Maka manfaatnya adalah satu mengurangi orang miskin, menjaga dan meningkatkan daya beli. Sehingga konsumsi Rumah Tangga (RT) tetap sebagai pendukung ekonomi ke depan," papar dia.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak