Ciptakan SDM Terbaik, BUMN Beradaptasi Penuhi Keinginan Generasi Milenial

Minggu, 29 September 2019 - 01:12 WIB
Ciptakan SDM Terbaik, BUMN Beradaptasi Penuhi Keinginan Generasi Milenial
Ciptakan SDM Terbaik, BUMN Beradaptasi Penuhi Keinginan Generasi Milenial
A A A
JAKARTA - Perubahan bisnis dan digitalisasi membutuhkan kesiapan pelaku usaha. Kebutuhan akan talenta milenial terbaik semakin dirasakan oleh pelaku usaha khususnya perusahaan BUMN. Hal ini membuat perusahaan BUMN berlomba mereformasi kebijakan dan melakukan transformasi untuk bisnisnya di masa depan.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam A Putro mengatakan, pihaknya menaruh perhatian pada kemampuan perusahaan BUMN untuk beradaptasi pada keinginan generasi milenial. Ini menjadi tantangan tersendiri karena mahalnya biaya membangun SDM sejak dari seleksi awal hingga pensiun. Namun saat ini ada tren perilaku milenial yang suka berpindah-pindah kantor dan tidak ingin pensiun di kantornya yang sama.

"Kita coba cari solusi. BUMN harus bisa saling memanfaatkan dan bertukar SDM. Misalnya pegawai Bulog pindah ke pertambangan lalu perkebunan. Ini untuk mereduksi yang suka pindah-pindah kerja. Lalu kita bangun Dana Pensiun kebanggaan semua BUMN. Jadi tidak ada gap lagi nantinya," ujar Imam dalam sambutannya pada 'RRI BUMN Award' di Jakarta.

Dia juga mengatakan, di kantor BUMN juga mulai memberikan ruang bagi milenial untuk berkreasi berupa ruangan bersama. Menurutnya ini dibutuhkan karena tantangan kedepan masih banyak, namun di BUMN urat akarnya sudah terlalu dalam sehingga perubahan tidak semudah membalik telapak tangan.

Pekerjaan masih banyak karena masih banyak masyarakat miskin di Indonesia. Lalu PR lainnya harus meningkatkan devisa negara dengan meningkatkan TKDN, mengolah industri hilir, menekan defisit transaksi berjalan, hingga mengurangi subsidi impor. "Karena itu kita mendorong seluruh BUMN harus merubah ke mindset baru yaitu tidak lagi menunggu perubahan dan harus terus memunculkan kreativitas," tambahnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6969 seconds (0.1#10.140)