alexametrics

Sambut Hari Uang, Sri Mulyani Ajak Kementerian Perkuat Kebersamaan

loading...
Sambut Hari Uang, Sri Mulyani Ajak Kementerian Perkuat Kebersamaan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan lewat olahraga menjaga kebersamaan menjaga stabilitas rupiah. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Keuangan hari ini, Jumat (4/10/2019) merayakan Hari Uang Nasional. Perayaan Hari Uang ini dimulai dengan pertandingan voli antar pejabat yang bersangkutan dengan perekonomian negara.

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Hari Uang setiap tahunnya jatuh pada 30 Oktober. Hari spesial ini mulai dilakukan sejak tahun 1946 berdasarkan keputusan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

"Setiap Oktober biasanya memang hari di mana Kementerian Keuangan merayakan Hari Uang yaitu pada 30 Oktober, dan sekarang usianya 73 tahun. Ini ditandai dengan keputusan Wapres Mohammad Hatta menerbitkan Uang Republik Indonesia yang menandai kemerderkaan Indonesia dan kedaulatan Indonesia di bidang keuangan," ujar Sri Mulyani di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Jumat (4/10/2019)



Menurut dia, perayaan melalui pergelaran berbagai macam olahraga tersebut bisa meneruskan semangat bapak bangsa untuk terus menjaga eksistensi rupiah sebagai alat tukar resmi masyarakat Indonesia. Selain itu, olahraga juga bisa memperkuat kolaborasi antar kementerian dan lembaga menjaga stabilitas rupiah.

"Kita lakukan memang biasanya dalam suasana sederhana. Teman-teman BUMN yang biasanya punya standar tinggi mohon di maklumi. Yang penting kebersamaan," tutur dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini berharap, perayaan Hari Uang ini bisa memunculkan semangat masyarakat untuk bangga terhadap rupiah dan mau untuk bersama-sama memperkuat perekonomian Indonesia. Apalagi ditengah kuatnya tekanan ekonomi global yang terus terjadi saat ini, keeratan bangsa dibutuhkan untuk jaga stabilitas ekonomi.

"Tentu ktia peringati Hari Uang ke 73, temanya "Maju Bersama Hadapi Tantangan" karena kita tahu dunia sekarang sedang dalam penuh tantangan. Ekonomi dalam kondisi yang tidak mudah dengan perkembangan geopolitik, pelemahan di emerging market, bahkan beberapa mengalami krisis dan pasti berimbas ke dalam negeri," ucap dia.

Usai menyampaikan sambutannya, wanita yang akrab disapa Ani itu langsung masuk ke lapangan voli, untuk bertanding dengan tim yang dipimpin oleh Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo.

Pertandingan ini juga tampak diikuti oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan Halim Alamsyah, dan pejabat-pejabat lain dari Otoritas Jasa Keuangan.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak