alexametrics

Stasiun Central Dibutuhkan, Menko Luhut Serahkan ke Ahli

loading...
Stasiun Central Dibutuhkan, Menko Luhut Serahkan ke Ahli
Menko bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan menyerahkan kepada para ahli mengenai rencana membuat pusat stasiun (central station). Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan menyerahkan kepada para ahli mengenai rencana Stasiun Manggarai yang akan menjadi pusat stasiun (central station). Tidak hanya untuk KRL Jabodetabek, tetapi juga untuk kereta api jarak jauh.

Sebelumnya disebutkan nantinya Stasiun Manggarai akan menjadi sebagai pusat stasiun, sehingga Gambir yang selama ini sebagai tempat pemberhentian bagi kereta jarak jauh di Jakarta akan digantikan. "Itu semua sudah dirancang oleh pak Budi, kita serahkan pada ahlinya," ujar Menko Luhut di Cibubur, Minggu (13/10/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulkfli menerangkan, pemindahan Gambir ke Manggarai sebagai stasiun central dikarenakan untuk mempermudah akses transpotasi lainnya seperti Kereta Bandara maupun LRT. "Konsepnya kita butuh stasiun central yang bisa terintegrasi kereta KRL bisa, jauh bisa dan KA Bandara," jelasnya.



Lebih lanjut Ia memastikan, nantinya tidak ada penutupan untuk stasiun Gambir. Dia menekankan stasiun Gambir akan tetap beroperasi seiring Stasiun Manggarai sebagai pusat stasiun (central station). "Kita lihat nanti apa Gambir akan dioperasikan lagi atau tidak karena kita lihat KRL central line cukup padat," ungkapnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak