Stasiun Central Dibutuhkan, Menko Luhut Serahkan ke Ahli

Minggu, 13 Oktober 2019 - 19:25 WIB
Stasiun Central Dibutuhkan, Menko Luhut Serahkan ke Ahli
Stasiun Central Dibutuhkan, Menko Luhut Serahkan ke Ahli
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan menyerahkan kepada para ahli mengenai rencana Stasiun Manggarai yang akan menjadi pusat stasiun (central station). Tidak hanya untuk KRL Jabodetabek, tetapi juga untuk kereta api jarak jauh.

Sebelumnya disebutkan nantinya Stasiun Manggarai akan menjadi sebagai pusat stasiun, sehingga Gambir yang selama ini sebagai tempat pemberhentian bagi kereta jarak jauh di Jakarta akan digantikan. "Itu semua sudah dirancang oleh pak Budi, kita serahkan pada ahlinya," ujar Menko Luhut di Cibubur, Minggu (13/10/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulkfli menerangkan, pemindahan Gambir ke Manggarai sebagai stasiun central dikarenakan untuk mempermudah akses transpotasi lainnya seperti Kereta Bandara maupun LRT. "Konsepnya kita butuh stasiun central yang bisa terintegrasi kereta KRL bisa, jauh bisa dan KA Bandara," jelasnya.

Lebih lanjut Ia memastikan, nantinya tidak ada penutupan untuk stasiun Gambir. Dia menekankan stasiun Gambir akan tetap beroperasi seiring Stasiun Manggarai sebagai pusat stasiun (central station). "Kita lihat nanti apa Gambir akan dioperasikan lagi atau tidak karena kita lihat KRL central line cukup padat," ungkapnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0219 seconds (0.1#10.140)