Transformasi dan Inovasi Rantai Pasok Bulog untuk Kedaulatan Pangan

Sabtu, 07 September 2024 - 21:00 WIB
loading...
A A A
Pasar induk beras Cipinang merupakan salah satu barometer harga dan pasokan pangan nasional. Stabil atau tidaknya harga pangan maupun pasokan, kerap dipengaruhi kondisi di pasar yang lokasinya tak jauh dari stasiun Jatinegara, Jakarta Timur itu.

Selama 2024, pasokan pangan di dalam negeri cenderung stabil. Gejolak harga maupun tersendatnya pasokan kini jarang dijumpai. Pasokan pangan di dalam negeri yang cenderung stabil salah satunya karena kebijakan pangan pemerintah yang tepat sasaran. Keberhasilan pemerintah itu membuatharga pangan cenderung stabil dengan pasokan yang tetap terjaga.

baca juga: Antisipasi Kelangkaan, 250.000 Ton Beras Bulog Digelontorkan

Presiden Joko Widodo, saat menerima penghargaan Agricola Medal dari Food and Agriculture Organization (FAO) di Jakarta Jumat (30/8/2029) menegaskan, program ketahanan pangan memang menjadi salah satu prioritas pemerintah. Pemerintah menyadari betul pentingnya kemandirian dan kedaulatan pangan, apalagi di tengah berbagai ketidakpastian dunia.

Di berbagai kesempatan, kepala negara menegaskan, penguatan rantai pasok pangan terus dialakukan untuk memastikan seluruh lapisan masyarakat memiliki akses dan keterjangakuan terhadap pangan sehat, bergizi, dan seimbang.

Pemerintah juga memiliki kewajiban mewujudkan ketersediaan dan keterjangkauan pangan bagi masyarakat. Karenanya, program ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas pemerintah. Presiden Joko Widodo mengungkapkan, pada 2023, sektor pertanian memberikan kontribusi 12,5% terhadap PDB nasional.

Dalam kunjungannya ke Surabaya, kemarin, Jokowi juga menyampakan, inflasi pangan di Indonesia berada dalam kondisi yang baik. Menurut Presiden, harga sejumlah bahan pangan pokok mengalami penurunan yang signifikan, salah satunya bawang merah yang biasa dijual di atas Rp40 ribu per kilogram, kini hanya Rp25 ribu per kilogram. “Saya kira baik ya. Jadi inflasi inti kita terutama pangan itu pada kondisi yang baik,” ujarnya.

Memperkuat Rantai Pasok Melalui Transformasi dan Inovasi

Penguatan rantai pasok pangan nasional tak bisa dilepaskan dari peran Perum Bulog. Sebagai perusahaan yang mengemban tugas publik dari pemerintah, Bulog juga melakukan kegiatanmenjaga harga dasar pembelian gabah, stabilisasi harga khususnya harga pokok, menyalurkan beras untuk bantuan sosial (Bansos) dan pengelolaan stok pangan.

Tak sakadar beras, Bulog juga memiliki peran strategis untuk menjaga bahan stabilitas dan ketersediaan bahan pokok lainnya seperti gula dan daging sapi. Menyadari peran yang sangat strategis itu, Bulog terus melakukan inovasi dan transformasi dalam rangka mencapai ketahanan pangan nasional.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)