Transformasi dan Inovasi Rantai Pasok Bulog untuk Kedaulatan Pangan

Sabtu, 07 September 2024 - 21:00 WIB
loading...
A A A
“Upaya Bulog ke sektor ritel (melalui RPK) sangat bagus. Bulog perlu memperbesar penguasaan pasar khususnya beras. Dengan kapasitas gudang 3 juta ton, Bulog memiliki kekuatan tiga kali lipat dibandingkan swasta. Sehingga Bulog memiliki kapasitas untuk menguasai pasar,” tegasnya kepada SINDOnews.

Dia menilai, ikhtiar mencapai kedaulatan pangan yang dilakukan Bulog sudah on the track. Hal itu terlihat dari berjalannya bisnis komersial, misi pengendalian harga, dan menyejahterakan petani secara bersamaan.

“Bulog harus ditambah anggarannya. Karena Bulog harus menjaga stok komoditas penting yang menjadi kewenangan Badan Pangan Nasional tetapi ditugaskan ke Bulog. Besaran anggaran tambahan mungkin 10%,” sebut Dwi. Dengan anggaran yang kuat, lanjut dia, Bulog benar-benar menjadi perusahaan yang efisien dan efektif dan memiliki kapasitas berkompetisi di pasar dengan perusahaan swasta.

baca juga: Hadapi El Nino, Bulog Pastikan Stok Beras Aman

Perubahan fungsi Bulog dari masa ke masa, tidak mengubah komitmen Bulog menjadi pemimpin rantai pasok pangan yang terpercaya. “Kami terus menerus meningkatkan pelayanan sehingga bisa berkontribusi lebih bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujar Direktur Transformasi& Hubungan Antar Lembaga Perum Bulog Sonya Mamoriska.

Dalam mencapai kedaulatan pangan, rantai pasok yang adaptif dapat menjadi kunci untuk dapat mewujudkan transformasi sistem pangan nasional. Strategi yang dipilih selama ini cukup efektif, namun perlu diperkuat dengan manajemen yang lebih solid dan berkelanjutan.

Rantai pasok pangan yang efisien, berkelanjutan dan tangguh sangat penting dalam mencapai keberhasilan transformasi sistem pangan nasional. Karena itu, ikhtiar melalui transformasi yang dilakukan Bulog diharapkan bisa meningkatkan efisiensi, keberlanjutan dan ketangguhan dalam memastikan pasokan pangan yang sehat, bergizi dan seimbang.
(hdr)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)