Transformasi dan Inovasi Rantai Pasok Bulog untuk Kedaulatan Pangan

Sabtu, 07 September 2024 - 21:00 WIB
loading...
A A A
Kemudian penyaluran beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang hingga akhir tahun kebutuhannya sekitar 500 ribu ton. “Stok cukup, sampai dengan akhir tahun diperkirakan sampai 1,5 juta ton, masih ada di gudang,” tegas Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi.

Di sektor hilir, Bulog melibatkan peran masyarakat untuk menjaga kedaulatan pangan, salah satunya melalui Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK). Konsep Sahabat RPK dikembangkan dengan maksud lebih mendekatkan Perum Bulog dengan masyarakat melalui pola kemitraan dan kerja sama yang setara, juga saling menguntungkan.

Dengan adanya Sahabat RPK, penyaluran pangan dari pemerintah ke masyarakat bisa didistribusikan secara merata di seluruh wilayah Indonesia, sehingga dapat diakses oleh seluruh masyarakat dengan harga yang terjangkau. RPK merupakan ikhtiar Bulog untuk menjual produknya langsung ke konsumen melalui toko-toko kecil dalam rangka menjaga pasokan dan stabilitas harga pangan di tingkat konsumen.

baca juga: Demurrage Beras Bulog, DPR Dorong Pengawasan Teknis Lapangan

Selama ini, rantai pasok pangan nasional cukup panjang mulai dari Bulog kemudian disalurkan ke distributor lalu ke pedagang besar, berlanjut ke pedagang kecil hingga ke masyarakat. Keberadaan RPK akan memperpendek rantai distribusi, sehingga distribusi pangan langsung dari Bulog ke RPK kemudian ke masyarakat sebagai end user.

Bulog pun mempermudah akses masyarakat untuk berpartisipasi dalam rantai pasok pangan nasional. Melalui inovasi digital, masyarakat yang ingin menjadi Sahabat RPK bisa mendaftar melalui aplikasi di telepon seluler. Melalui aplikasi MyRPK, masyarakat yang bergabung dalam ekosistem Bulog bisa memesan dan menjual produknya melalui ponsel.

Dari catatan Bulog, saat ini jumlah RPK yang berupa warung dan kios sudah mencapai 21.384 unit di seluruh Tanah Air. Dengan ratusan ribu RPK, Bulog berhasil menyalurkan hampir 300.000 ton beras ke masyarakat. Selain beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) sebanyak 253.293 ton, juga beras komersial sebanyak 42.675 ton.

Tak sekadar menjaga pasokan dan stabilisasi harga, keberadaan RPK akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Sebab, saat ini omzet RPK berkisar hingga Rp50 juta per bulan dengan potensi senilai Rp12 triliun per tahun dari seluruh RPK.

Pakar pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) DwiAndreas Santosa menilai, perubahan status Bulog dari badan penyangga pangan menjadi badan usaha perlu diperkuat. Karena sebagai badan usaha, Bulog harus menghasilkan untung. Di sisi lain, Bulog juga memiliki tugas untuk menjaga ekosistem pangan nasional.

Karenanya, lanjut Dwi, pemerintah perlu menggelontorkan anggaran tambahan untuk memperkuat Bulog. Hal itu dinilai perlu, agar selain menjaga pasokan pangan, Bulog juga bisa menjalankan bisnis ritelnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)