30 Prediksi Konsumen di New Normal (1)

Sabtu, 02 Mei 2020 - 08:24 WIB
loading...
30 Prediksi Konsumen di New Normal (1)
Yuswohadi. Foto/Istimewa
A A A
Yuswohady
Managing Partner Inventure

Covid-19 telah mengubah perilaku konsumen dengan sangat ekstrem, mendasar, dan supercepat. Perubahan yang harusnya berjalan selama lima tahun, kini "dimampatkan" hanya dalam 2-3 bulan. Akibatnya konsumen jungkir-balik beradaptasi menuju kenormalan baru (new normal).

Bagaimana kira-kira kondisi perilaku konsumen di kenormalan baru saat pandemi telah lewat? Berikut ini adalah 30 prediksinya. Minggu ini ada 15 prediksi, dan 15 prediksi sisanya kita lanjutkan minggu depan.

#1. The Fall of Mobility, The Rise of Stay @ Home

Wabah, praktis menghentikan mobilitas dan memaksa orang untuk berdiam diri di rumah. "the death of mobility". Krisis Covid-19 membawa manusia seperti kembali ke zaman purba di mana hidupnya hanya di gua, yaitu rumah. "Welcome stay @ home economy."

#2. Online-Shopping Widening+Deepening: From Wants to Needs

Pembelian daring (online shopping) mulai bergeser dari produk yang sifatnya keinginan (wants) ke produk yang sifatnya adalah kebutuhan (needs). Belanja daring konsumen melebar (widening) dari barang-barang nonesensial ke esensial (daily needs). Dan mendalam (deepening) di mana volume pembeliannya makin besar.

#3. Food Delivery: From “Indulgence” to “Utility”

Konsumen menghindari eating out dan beralih ke layanan delivery. Selama ini konsumen memanfaatkan layanan delivery untuk jenis makanan "indulgence", yaitu untuk pleasure dan enjoyment (seperti: boba tea, piza, burger, atau ayam geprek) akan bergeser ke "utility" untuk kebutuhan rutin sehari-hari. Dari pemesanan sesekali (occasional), ke pemesanan berulang (habitual/routine).

#4. The Comeback of Home Cooking
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2464 seconds (0.1#10.140)