3 Efek Jika Iran Gabung BRICS, Koalisi Anti Barat Semakin Menguat?

Selasa, 17 September 2024 - 12:51 WIB
loading...
3 Efek Jika Iran Gabung...
Banyak yang menilai jika masuknya Iran ke BRICS adalah upaya untuk mengatasi Amerika Serikat.Foto/Dok
A A A
JAKARTA - BRICS secara resmi telah menggandeng Iran sebagai salah satu anggota baru mereka di awal tahun 2024. Banyak yang menilai jika kerjasama ini adalah upaya untuk mengatasi Amerika Serikat.

Iran memperoleh keanggotaan penuh dalam Organisasi Kerja Sama Shanghai pada bulan Juli 2022 dan pada saat yang sama berupaya untuk masuk ke dalam kelompok BRICS.



Setelah mendapat undangan resmi, Iran mengumumkan penerimaannya ke dalam BRICS pada tanggal 24 Agustus 2023, dengan keanggotaan resmi dimulai pada tanggal 1 Januari 2024.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani, mengumumkan jika ini adalah pencapaian penting bagi Teheran, dengan menekankan potensi ekonomi yang dapat ditawarkan BRICS.

Dibalik ketergabungan Iran dengan BRICS, pastinya akan ada efek yang ditimbulkan baik untuk Teheran, Brics, atau untuk Dunia nantinya.

3 Efek Jika Iran Gabung BRICS

1. Mengurangi Beban atas Sanksi AS

Seperti yang diketahui jika Iran telah beberapa kali terkena sanksi dari AS. Keikutsertaan mereka ke BRICS saat ini diperkirakan akan dapat mengatasi dampak sanksi AS dan mengatasi isolasinya.

Ehsan Khandouzi, Menteri Keuangan dan Urusan Ekonomi Iran, menyampaikan harapannya untuk keterlibatan global dan peningkatan peluang perdagangan dengan negara-negara BRICS, meskipun ada sanksi AS.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)