1 Dekade Presiden Jokowi: Mega Proyek IKN Jadi Magnet Investasi

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 22:52 WIB
loading...
A A A
2. Target tahapan 2025-2035

Pengembangan IKN sebagai kawasan inti yang kuat mencakup pembangunan fase kota selanjutnya, termasuk pusat inovasi dan ekonomi, serta penyelesaian pemindahan pusat pemerintahan.

Selain itu, IKN akan mengembangkan sektor-sektor ekonomi prioritas, menerapkan insentif bagi sektor-sektor tersebut, dan berupaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

3. Target tahapan 2035-2045

Pembangunan infrastruktur dan Ekosistem Tiga Kota bertujuan menjadikan kawasan ini sebagai destinasi utama FDI di sektor-sektor ekonomi prioritas Indonesia, serta masuk dalam lima besar destinasi teratas di Asia Tenggara.

Upaya ini juga mencakup pengembangan jaringan utilitas berkelanjutan melalui penerapan enablers ekonomi sirkuler, serta pengembangan pusat inovasi dan talenta.

4. Tahapan target 2045-seterusnya

Memantapkan diri sebagai "Kota Dunia untuk Semua," kota ini berambisi menjadi yang terdepan di dunia dalam daya saing. Dengan masuk ke dalam daftar 10 Kota Paling Layak Huni.

Kota ini juga menargetkan pencapaian emisi karbon nol bersih serta penggunaan 100 persen energi terbarukan pada kapasitas terpasang, menjadikannya IKN sebagai kota pertama di dunia dengan populasi lebih dari 1 juta jiwa yang berhasil mencapai tujuan tersebut.

Pemerintah yakin bahwa melalui setiap tahapan yang berjalan, IKN akan berkembang menjadi pusat pemerintahan yang modern, berkelanjutan, dan siap beroperasi sepenuhnya pada tahun 2045, bertepatan dengan peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)