Ancaman UE Bikin Serbia Ingin Pindah Haluan ke BRICS

Selasa, 15 Oktober 2024 - 08:08 WIB
loading...
A A A
"Jika BRICS menarik bagi negara lain, misalnya Emirates atau Arab Saudi atau TĂĽrkiye, mengapa harus berbeda untuk Serbia? Tidak ada keraguan bahwa BRICS telah menjadi alternatif nyata untuk Uni Eropa."

Sejak istilah ini pertama kali diciptakan pada tahun 2001, BRICS telah berkembang dari akronim menjadi aliansi informal yang telah menyalip blok G7 yang dipimpin AS secara PDB global. BRICS juga memiliki bank pembangunan sendiri, dan telah berkembang dari empat anggota pada tahun 2006 – Brasil, Rusia, India, dan China – menjadi lima termasuk Afrika Selatan pada tahun 2011.

Tahun ini, empat negara lagi – Mesir, Iran, Ethiopia, dan Uni Emirat Arab – secara resmi menjadi anggota BRICS, dengan Arab Saudi saat ini sedang menyelesaikan proses aksesi.



Pada bulan September, pembantu presiden Rusia Yury Ushakov mengkonfirmasi bahwa Turki secara resmi mengajukan permohonan untuk bergabung dengan BRICS, menjadi negara NATO pertama yang melakukannya.

Azerbaijan, Aljazair, Vietnam, Indonesia, Pakistan, Malaysia, Nigeria, Thailand, Venezuela, Kazakhstan, Palestina, DR Kongo, Gabon, Bangladesh, Bahrain, Kuwait, Senegal, dan Bolivia adalah beberapa negara lain yang telah menyatakan keinginan mereka untuk bergabung dengan BRICS.
(akr)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0744 seconds (0.1#10.140)