Mendag Sebut Tak Semua Impor Hewan Asal China Dilarang

Rabu, 05 Februari 2020 - 21:59 WIB
Mendag Sebut Tak Semua Impor Hewan Asal China Dilarang
Mendag Sebut Tak Semua Impor Hewan Asal China Dilarang
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menerangkan bahwa tidak semua impor hewan hidup dari China dilarang. Ada beberapa prioritas larangan impor hewan hidup asal China menyasar jenis hewan liar (wild animal).

Sementara itu Indonesia ternyata memang kerap melakukan impor hewan hidup. Salah satu jenis hewan yang sering diimpor dari China ke Indonesia adalah ular dan kura-kura. Dimana Ular juga diduga menjadi sumber virus corona di China. "Ada hewan tertentu saja. Itu hewan seperti kura-kura dan ular itu berdasarkan HS aja," ujar Agus di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Agus mengatakan, pemerintah memutuskan untuk menyetop impor seluruh jenis hewan hidup dari China. Menurutnya rata-rata hewan hidup yang diimpor dari China untuk dipelihara. "Semua yang berkaitan otomatis bisa aja, hewan peliharaan dibawa kan bisa. Nanti kita buat list, karena ada kaitannya dengan kode HS impor," tuturnya.

Sebagai informasi, pemerintah resmi memutuskan melarang impor hewan hidup dari China, sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus corona. Namun produk-produk makanan dan minuman serta buah tetap diperbolehkan. Hewan liar memang diyakin berpotensi menjadi perantara penyebaran virus korona (2019-nCoV) ke manusia.

Sementara untuk produk hortikultura, pemerintah masih memperbolehkan impor dari China. Agus mengatakan, terkait kebijakan itu Kementerian Perdagangan akan membuat peraturan sesegera mungkin di bulan ini. "Sedang disiapkan Permennya, tapi sesuai arahan dan putusan ratas kemarin, kita keluarkan segera," tegasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5392 seconds (0.1#10.140)