alexametrics

Jokowi Kaget Investasi Rp708 Triliun Mangkrak

loading...
Jokowi Kaget Investasi Rp708 Triliun Mangkrak
Presiden Jokowi menegaskan penyelesaian masalah investasi harus menjadi fokus pemerintah pusat dan daerah. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, permasalahan izin atau regulasi di daerah yang banyak dikeluhkan investor harus diselesaikan. Jokowi mengaku kaget saat mengetahui adanya Rp708 triliun investasi mangkrak pada tahun lalu yang belum terselesaikan.

Presiden menegaskan, penyelesaian masalah investasi harus menjadi fokus pemerintah pusat dan daerah. “Uang sebanyak itu sudah siap masuk, kok tidak dilayani,” kata Jokowi dalam sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Jakarta, Kamis (20/1/2020).

Namun demikian, Jokowi mengaku sebelumnya pernah memberikan tantangan kepada Kepala BKPM untuk menyelesaikan persoalan PT Lotte Chemical Indonesia yang sudah tertunda realisasi investasinya selama empat tahun. “Saya berikan tantangan 1 bulan, eh ternyata kurang dari 2 minggu bisa selesai,” katanya.



Presiden juga mengapresiasi langkah BKPM membantu pengusaha UMKM di Jawa Tengah yang bermasalah dan cepat terselesaikan. Kepada peserta, Jokowi mengingatkan bahwa investor itu tidak hanya yang asing dan memiliki modal besar, namun UMKM maupun usaha perorangan, juga investor yang harus dilayani.

"Oleh karena itu, Presiden menghimbau agar BKPM, DPMPTSP, seluruh pemerintah pusat dan daerah agar melayani usaha-usaha kecil itu dan mempermudah perizinannya agar para pengusaha ini mendapat akses permodalan yang lebih mudah," jelasnya.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak