PSBB Jilid II Ala Anies Kantongi Dukungan dari Kadin

Sabtu, 12 September 2020 - 13:59 WIB
loading...
PSBB Jilid II Ala Anies Kantongi Dukungan dari Kadin
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, menyambut baik kebijakan Pemprov DKI Jakarta terkait pemberlakuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid II secara ketat. Foto/Ilustrasi, SINDO Photo
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia , Erwin Aksa menyambut baik kebijakan Pemprov DKI Jakarta terkait pemberlakuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid II secara ketat. Dia mencatat, PSBB sebagai instrumen untuk mencegah penyebaran Covid-19.

(Baca Juga: Sindir PSBB Total Ala Anies, Pengusaha: Jangan Sebentar Ini, Sebentar Itu )

"Ingat status kita masih pandemi. Artinya infeksi dari virus (Covid-19) ini masih tinggi. Jadi, saya kira bagaimana ketika lockdown (PSBB) perlu dilakukan adalah langkah untuk menyetop orang masuk rumah sakit karena Covid-19," ujar dia dalam Webinar, Sabtu (12/9/2020).

Menurut Erwin di tengah situasi kedaruratan kesehatan yang kian membahayakan kesehatan warga Ibu Kota, sebaiknya berbagai aktivitas sosial maupun ekonomi masyarakat bisa ditunda terlebih dahulu. Apalagi sambung Erwin, saat ini banyak rumah sakit di Jakarta yang melaporkan bahwa kapasitas ruangan isolasi hingga ICU sudah hampir penuh.

"Jadi, sekali lagi perlu dilakukan langkah untuk menyetop orang masuk rumah sakit," kata dia.

Oleh karena itu, dia menilai PSBB jilid II ini tepat untuk segera diterapkan. Imbasnya Pemerintah bisa lebih memaksimalkan berbagai program penanganan pandemi Covid-19.

(Baca Juga: PSBB Total DKI Jakarta Engga Buat Kadin Panik, Hanya Sebatas Tantangan )

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempertimbangkan untuk memperketat PSBB dengan melihat situasi Covid-19 di Jakarta. Di mana positivity rate 13,2 persen dan kapasitas rumah sakit rujukan yang hampir penuh.

Dengan demikian, kata Anies, status PSBB Transisi di Jakarta seperti yang diterapkan saat ini akan dievaluasi lebih lanjut mengingat pertambahan kasus baru harian Covid-19 di Ibu Kota mencapai 800 hingga 1.000 orang per hari.

"Situasinya mengkhawatirkan dalam satu minggu terakhir, angka positivity rate di Jakarta itu 13,2 persen (di atas ketentuan aman PBB di angka lima persen)," ucap Anies di Jakarta, Rabu (9/9).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)