8 Cara Memastikan Operasional Bisnis Terus Berjalan Saat Covid-19

Minggu, 13 September 2020 - 07:07 WIB
loading...
8 Cara Memastikan Operasional Bisnis Terus Berjalan Saat Covid-19
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Akibat pandemi Covid-19 , tren masa depan dunia kerja hadir lebih cepat dari yang diperkirakan. Hasilnya, kerja dari rumah alias work from home (wfh) telah menjadi ajang eksperimen paling besar tahun ini.

Para pelaku bisnis telah didorong untuk membuat keputusan penting dan beradaptasi dengan sangat cepat untuk memastikan keamanan para pegawai. Artinya, perusahaan harus melatih dan memperkuat mereka untuk menghadapi situasi seperti itu, tanpa membuat disrupsi dalam operasional dan prosesnya.

VP & GM Asia Pasific dari Zoho Corporation Gibu Mathew mengatakan, di tengah proses menyediakan dukungan yang cepat untuk pegawai dan pelanggan, pengaturan paling penting yang harus dimiliki dalam rencana bisnis berkelanjutan adalah kemampuan untuk merelokasi sumber daya manusia atau proses-proses yang sesuai dengan prioritasnya.

"Tanpa memotong operasional bisnis, business continuity manager harus tahu banyak hal dalam mengatasi segala situasi. Namun, organisasi telah tertangkap basah oleh pandemik dan banyak yang tidak yakin bagaimana memulai rencana mereka dan memastikan bahwa semuanya bisa berjalan efektif,” ujar Gibu di Jakarta, Sabtu (12/9/2020). (Baca juga: Bisnis Menggiurkan Jasa Penitipan Anak di Dunia )

Namun, ini adalah proses yang mudah bagi penyedia Cloud IT yang memiliki data center sendiri. Durasi dalam melakukan riset dan pengembangan merupakah hal yang penting karena itu menjadi inti dari pelayanan mereka. Saat ini, rencana bisnis berkelanjutan yang menolong pelaku bisnis bertahan sangat bergantung pada back up data dan ketersediaan.

“Misalnya, pelaku bisnis kecil yang mengadopsi tool SaaS, mampu menjadi lincah saat bertransisi ke moda BCP (Business Continuity Plan) untuk bekerja dari jarak jauh. Solusi teknologi seperti tim komunikasi jarak jauh dan tool web conference, penghitung waktu, perangkat lunak secure data management, mampu menyatukan komunikasi saat bekerja dan bekerja sama saat sulit berinterasi secara fisik," tuturnya. (Baca juga: Aino Indonesia Sebut Adaptasi Digital Paling Cepat Diterima saat Pandemi COVID-19 )

Dia menambahkan, perpaduan yang tepat antara solusi perangkat lunak dengan eksekusi yang tepat, dapat mengurangi disrupsi dan membuat bisnis tetap berjalan seperti biasa.

Berikut delapan tips ini agar dapat membantu manajer perusahaan memastikan bahwa operasional bisnis berjalan seperti yang direncanakan.

1. Amankan datamu pada tim yang siap

Data security adalah hal yang paling diperhatikan saat pegawai bekerja dari jarak jauh. Pelanggaran tidak hanya mahal, tapi juga berdampak pada kepercayaan pelanggan, yang berpotensi menyebabkan kerusakan fatal pada brand dan reputasi perusahaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)