Jaga Terus Optimisme

Selasa, 15 September 2020 - 05:59 WIB
loading...
A A A
Di bagian lain, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sejatinya PSBB DI DKI Jakarta belum pernah dicabut. Dia pun berharap agar ke depan tidak ada kejutan yang bisa memengaruhi pasar keuangan setelah PSBB kembali diperketat di Ibu Kota mulai kemarin.

Menurut Airlangga, pasar keuangan yang sempat jatuh ke zona merah akhir pekan lalu, pada perdagangan kemarin sudah kembali ke jalur hijau. Hal itu seiring dengan jaminan dari pemerintah terkait tersedianya pelayanan kesehatan dan fasilitas rumah sakit. Selain itu, anggaran yang disediakan untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19 juga sangat besar dan bisa segera disalurkan.

Diketahui, dalam program PEN yang dicanangkan sejak terjadinya pandemi, pemerintah menyediakan anggaran total Rp695 triliun yang dialokasikan untuk sektor kesehatan dan ekonomi. Dari jumlah tersebut, realisasinya hingga pekan lalu baru mencapai 34,1%.

Sementara terkait optimisme Presiden Jokowi terhadap pertumbuhan ekonomi kuartal III/2020, peneliti Indef Nailul Huda menilai apa yang disampaikan Kepala Negara terlampau optimistis. (Lihat videonya: DKI Jakarta Mulai Berlakukan PSBB Jilid II Mulai Hari Ini)

"Saya sangat yakin kita menghadapi resesi di kuartal III ini," kata Huda saat dihubungi di Jakarta kemarin.

Menurutnya, optimisme Jokowi berdasarkan pada daya beli. Padahal, ujar dia, jika melihat kondisi sekarang maka daya beli masyarakat sangat terpuruk. “Kita tahu sendiri pengangguran naik akibat berhentinya produksi,” ujarnya. (Kunthi Fahmar Sandy/Rina Anggraeni/Fahreza Rizky)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)