Pabrik Danone-AQUA Klaten Bangun PLTS Atap Berkapasitas 2.919 KWp

Selasa, 06 Oktober 2020 - 18:27 WIB
loading...
A A A
Lalu Jawa Timur dengan kapasitas 378 kWp serta dapat menghasilkan listrik sebesar 566 MWh per tahun dengan pengurangan emisi karbon dari 470 ton per tahun, selain pabrik Klaten yang saat ini dilakukan peresmian.

Sementara pada 2021, Danone-AQUA berencana memasang PLTS Atap di Pabrik Mekarsari dan Cianjur di Jawa Barat, Pabrik Tanggamus di Lampung, Pabrik Langkat di Sumatera Utara, Pabrik Mambal di Bali, serta di Pabrik Solok Sumatera Barat, dengan target kapasitas produksi 6.079 kWp dan 7,9 GWh per tahun serta pengurangan emisi karbon sebesar 5.858 ton per tahun.

Selanjutnya secara bertahap menyelesaikan pemasangan PLTS nya di seluruh pabrik AQUA di Indonesia hingga tahun 2023. Untuk pabrik di Banyuwangi, Klaten, dan Mekarsari, Danone-AQUA bekerja sama dengan Total Solar DG Southeast Asia.

Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM Harris mengatakan, pemerintah berharap akan banyak perusahaan-perusahaan lain yang juga berkomitmen dan mengimplementasikan energi baru-terbarukan terutama menggunakan PLTS atap yang potensinya masih besar.

"Penggunaan PLTS atap ini punya keistimewaan dalam kecepatan instalasi. Mudah-mudahan ini bisa diikuti provinsi lain di Indonesia sehingga PLTS bisa berkembang secara masif," ungkapnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pemerintah Jawa Tengah berkomitmen merealisasikan target pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) sebesar 21,32% di 2025, sebagai provinsi tenaga surya pertama di Indonesia.

Hingga saat ini di Jawa Tengah, melalui berbagai sumber anggaran, baik dari Pemerintah maupun dari sektor swasta dan masyarakat umum, telah terbangun PLTS Atap, kurang lebih sekitar 127 unit dengan kapasitas total sekitar 5.199 kWp.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)