Cermati Aksi Korporasi Penggerak Harga Saham, Klik Aja App MNC Trade New!

loading...
Cermati Aksi Korporasi Penggerak Harga Saham, Klik Aja App MNC Trade New!
Salah satu faktor yang mampu membuat harga saham bergerak adalah aksi korporasi. Maka, investor perlu mencermati untuk dapat menganalisa pergerakan harga sahamnya lewat App MNC Trade New!. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Salah satu faktor yang mampu membuat harga saham bergerak adalah aksi korporasi. Maka investor perlu mencermati aksi korporasi yang akan dilakukan oleh emiten untuk dapat menganalisa pergerakan harga sahamnya, melalui App MNC Trade New dari MNC Sekuritas.

(Baca Juga: Nyapit Cuan Berhadiah Laptop Gaming, Tonton Kisi Investasi Saham di IG Live MNC Sekuritas Malam Ini!)

Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas Thomas Darmawan mengungkapkan, harga saham merupakan cerminan dari kepercayaan investor terhadap perkembangan kinerja perusahaan. Aksi korporasi sedikit banyak mempengaruhi naik turunnya saham tersebut.

“Ada beberapa macam aksi korporasi yang dilakukan oleh emiten. Aksi korporasi akan berdampak langsung terhadap kepemilikan saham yang dipegang oleh investor, biasanya menggerakan harga saham tersebut. Setidaknya beberapa istilah yang perlu diketahui antara lain: dividen dan stock split," jelas Thomas di Jakarta, Kamis (22/10/2020).



Istilah pertama adalah Dividen. Dividen merupakan salah satu hal yang sangat ditunggu oleh para investor. Dividen merupakan pemberian sebagian pendapatan perusahaan untuk para pemegang saham. Dividen dapat dibayarkan dalam bentuk uang tunai maupun lembar saham tambahan yang disesuaikan dengan kondisi dan strategi perusahaan.

Pemberian dividen dilakukan atas dasar perhitungan laba bersih perusahaan, jumlah saham beredar serta dividen payout ratio (DPR) yang kemudian disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

(Baca Juga: Ayo Daftar! Rebut Hadiah Puluhan Juta Rupiah di Cerdas Cermat Virtual Nyapit Cuan)



Biasanya, jelas Thomas, jika emiten membagikan dividen dengan DPR tinggi atau di atas ekspektasi, harga saham akan cenderung naik hingga tanggal cum date karena investor mengincar dividen yang dibagikan dan mengakumulasi saham tersebut setidaknya hingga memperoleh hak dividen.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top