75 Tahun PLN Hadir, Rasio Elektrifikasi Nasional Capai 99,15%

Kamis, 29 Oktober 2020 - 15:34 WIB
loading...
A A A
Selain itu, upaya membangun jaringan listrik ke daerah 3T juga dilakukan di Sulawesi Tengah. Menjelang HLN ke-75 lalu, PLN juga berhasil melistriki empat desa yaitu di Desa Winangabino, Desa Lijo, Desa Sea dan Desa Parangisi yang berada di Kabupaten Morowali Utara.

Untuk melistriki empat lokasi terpencil ini, PLN mengeluarkan dana investasi sebesar Rp 12,8 Miliar untuk membangun JTM sepanjang 32,5 kms, JTR sepanjang 6,5 kms dan gardu distribusi sebanyak 6 buah dengan total 300 kVA. Serta memiliki potensi pelanggan sebanyak 515 kepala keluarga dengan lebih dari 1.800 penduduk.

Selain membangun infrastruktur kelistrikan, PLN juga bekerja sama dengan banyak pihak untuk melakukan penyambungan listrik gratis bagi masyarakat tidak mampu. Sebagai contoh, di Provinsi Kalimantan Utara, PLN bersama Pemerintah Daerah dan beberapa perusahaan tambang melakukan penandatanganan penyambungan listrik untuk 50.000 warga Kalimantan Timur yang belum menikmati listrik.

“Kami menyadari listrik merupakan kebutuhan utama masyarakat. Hadirnya listrik akan meningkatkan produktifitas dan menggerakan roda ekonomi, sehingga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat,” tutur Zulkifli.

Selanjutnya, PLN juga akan mendorong pemanfaatan potensi lokal yang ramah lingkungan dan berbiaya murah, seperti memanfaatkan air dan cahaya matahari untuk menghadirkan listrik.

(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)