Siap-siap! Tahun Depan Tarif Listrik Berpeluang Naik

Selasa, 03 November 2020 - 16:25 WIB
loading...
Siap-siap! Tahun Depan Tarif Listrik Berpeluang Naik
Pemerintah akan menerapkan adjustment tarrif tahun depan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah memutuskan tidak lagi menahan tarif listrik pada 2021 mendatang. Kebijakan penyesuaian tarif listrik (adjustment tarrif) tersebut membuka peluang adanya kenaikan tarif yang dilakukan PLN. Rencananya penyesuaian tarif listrik diserahkan ke harga pasar tersebut akan dimulai pada triwulan pertama 2021 mendatang.

(Baca juga : Mengejutkan, Akhirnya Lamborghini Mencoba Main TikTok )

"Untuk adjustment tarrif ini nanti triwulan 1 2021. Dari regulasi sebelumnya direview tiga bulan sekali oleh PLN tapi dikembalikan ke Kementerian ESDM," ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Hendra Iswahyudi di acara diskusi virtual bertajuk Kebijakan Subsidi Listrik Tepat Sasaran, di Jakarta, Selasa (3/11/2020).



Menurut dia alasan disesuaikannya tarif listrik tahun depan untuk meningkatkan layanan PLN. Terkait sosialisasi, akan dilakukan sebulan sebelum penyesuaian tarif listrik dilakukan. "Seharusnya dengan review yang ada sudah harus diumumkan terkait dengan adanya easy doing business PLN. Sehingga pemerintah harus menetapkan sosialisasi kepada masyarakat," kata dia.

Dia mengungkapkan bahwa apabila usulan penyesuaian tarif harus diajukan PLN kepada Kementerian ESDM paling lambat awal November sehingga keputusan adjustment tarrif tahun depan bisa segera diputuskan akhir November 2020 selanjutnya tinggal dilakukan sosialisasi.



Namun demikian, pihaknya belum bisa menyebut golongan mana saja yang tarifnya akan disesuaikan atau ditahan akan dievaluasi menyesuaikan dengan perkembangan ekonomi nasional. "Nah, apakah golongan tertentu yang di-adjustment atau ditahan akan disesuaikan," jelasnya.

Saksikan Video:

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)