Siap-siap! Tahun Depan Tarif Listrik Berpeluang Naik

loading...
Siap-siap! Tahun Depan Tarif Listrik Berpeluang Naik
Pemerintah akan menerapkan adjustment tarrif tahun depan. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Pemerintah memutuskan tidak lagi menahan tarif listrik pada 2021 mendatang. Kebijakan penyesuaian tarif listrik (adjustment tarrif) tersebut membuka peluang adanya kenaikan tarif yang dilakukan PLN. Rencananya penyesuaian tarif listrik diserahkan ke harga pasar tersebut akan dimulai pada triwulan pertama 2021 mendatang.

(Baca juga : Mengejutkan, Akhirnya Lamborghini Mencoba Main TikTok )

"Untuk adjustment tarrif ini nanti triwulan 1 2021. Dari regulasi sebelumnya direview tiga bulan sekali oleh PLN tapi dikembalikan ke Kementerian ESDM," ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Hendra Iswahyudi di acara diskusi virtual bertajuk Kebijakan Subsidi Listrik Tepat Sasaran, di Jakarta, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga: Begini Aturan Jam Kerja dan Cuti di UU Ciptaker yang Diteken Jokowi

Menurut dia alasan disesuaikannya tarif listrik tahun depan untuk meningkatkan layanan PLN. Terkait sosialisasi, akan dilakukan sebulan sebelum penyesuaian tarif listrik dilakukan. "Seharusnya dengan review yang ada sudah harus diumumkan terkait dengan adanya easy doing business PLN. Sehingga pemerintah harus menetapkan sosialisasi kepada masyarakat," kata dia.

Dia mengungkapkan bahwa apabila usulan penyesuaian tarif harus diajukan PLN kepada Kementerian ESDM paling lambat awal November sehingga keputusan adjustment tarrif tahun depan bisa segera diputuskan akhir November 2020 selanjutnya tinggal dilakukan sosialisasi.



Baca Juga: Ancaman Pengusaha ke Buruh, Pilih PHK Apa Upah Naik!

Namun demikian, pihaknya belum bisa menyebut golongan mana saja yang tarifnya akan disesuaikan atau ditahan akan dievaluasi menyesuaikan dengan perkembangan ekonomi nasional. "Nah, apakah golongan tertentu yang di-adjustment atau ditahan akan disesuaikan," jelasnya.

Saksikan Video:

(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top