Dunia Usaha Berharap Riza Patria Tancap Gas Bantu Anies Hadapi Covid-19

Kamis, 16 April 2020 - 06:12 WIB
loading...
Dunia Usaha Berharap Riza Patria Tancap Gas Bantu Anies Hadapi Covid-19
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pelaku usaha mengapresiasi pelantikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Saat DKI Jakarta bekerja keras menghadapi pandemi Covid-19, kehadiran Wakil Gubernur yang baru menjadi penyemangat bagi warga Jakarta dalam membantu Gubernur Anies Baswedan mengatasi masalah besar yang kita hadapi saat ini.

"Kita pelaku usaha menaruh harapan besar kepada Wagub untuk dapat bekerjasama secara maksimal dengan Gubernur Anies menyelesaikan berbagai persoalan Jakarta yang dimulai dari Covid-19, masalah banjir, kemacetan termasuk tantangan perekonomian pasca Covid-19," ujar Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, Rabu (15/4/2020).

Sarman menerangkan pandemi Covid-19 membuat perekonomian DKI Jakarta lumpuh. Sebagai kota jasa, aktivitas masyarakat merupakan modal utama dalam mengerakkan berbagai sektor usaha di DKI Jakarta.

Dengan imbauan work from home dan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), praktis pergerakan masyarakat kian sempit dan kondisi ini sangat mematikan berbagai bidang usaha di DKI Jakarta, mulai dari sektor usaha pariwisata dan turunannya, seperti: hotel, restoran, kafe, katering, travel, pusat hiburan dan transportasi.

Kemudian dari sektor perdagangan secara luas, kuliner, dan aneka jasa usaha yang sangat terpuruk dan nyaris tutup karena sepinya konsumen dan pelanggan. Hal ini akan sangat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Jakarta yang akan turun secara drastis.

Dengan kondisi ini tentu akan menimbulkan masalah baru seperti meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan, tutupnya berbagai pelaku UMKM dan turunnya PAD DKI Jakarta.

"Suka tidak suka ini menjadi tantangan besar yang dihadapi Wakil Gubernur baru memulai tugasnya. Namun kita pelaku usaha memiliki optimisme yang tinggi, dengan berbagai pengalaman yang dimiliki Wagub DKI yang baru, tantangan besar ini akan mampu dihadapi dengan kolaborasi dan kerjasama yang utuh bersama Gubenur DKI Jakarta," ujarnya.

Sarman menilai Riza Patria memiliki kesamaan dengan mantan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno, disamping Riza Patria sebagai aktivis kepemudaan tapi juga punya latar belakang pengusaha, pernah aktif di HIPMI dan pengurus Kadin Indonesia.

"Artinya Riza Patria akan dapat membantu secara penuh Gubernur Anies dalam mengatasi berbagai permasalahan perekonomian di DKI Jakarta. Namun diatas semua itu, tugas paling utama saat ini, mengalahkan musuh besar kita yaitu Covid-19 yang telah menghentikan berbagai aktivitas usaha di DKI Jakarta," kata Sarman yang juga Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Jakarta.

Ia berharap perekonomian DKI Jakarta dapat bergeliat dan normal kembali dan duet kepemimpinan Anies Baswedan-Riza Patria dapat mewujudkan Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya dan untung pengusahanya.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)