Presiden AS Berganti, Indonesia Harus Gercep Bikin Daftar Produk Ekspor

Minggu, 08 November 2020 - 18:55 WIB
loading...
Presiden AS Berganti, Indonesia Harus Gercep Bikin Daftar Produk Ekspor
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Joe Biden sudah dipastikan bakal melenggang ke Gedung Putih. Pengamat Ekonomi Bhima Yudhistira mengatakan, kehadiran presiden baru Amerika Serikat (AS) ini tentu jadi angin segar bagi ekonomi global dan Indonesia.

"Pemulihan ekonomi bisa lebih cepat terjadi di bawah Biden karena fokus penanganan pandemi lebih serius serta adanya rencana stimulus yang lebih besar termasuk janji menaikkan upah minimum pekerja," katanya di Jakarta, Minggu (8/11/2020).

( )

Eskalasi perang dagang dengan China harapannya juga bisa segera diredam dengan menempuh cara-cara negosiasi yang lebih elegan.

Menurut dia, pemerintah Indonesia harus langsung bergerak membuat daftar produk potensial ekspor yang akan naik di era Biden. Selain itu, bagaimana arah kebijakan investasi langsung AS ke Indonesia.

( )

"Kita harus cepat tentukan langkah karena Vietnam sudah start lebih dulu dengan menarik perusahaan AS agar memindahkan pabrik ke Vietnam," ungkapnya. Vietnam, imbuh Bhima, juga sudah positif pertumbuhan ekonominya sejak kuartal II sementara Indonesia masih resesi.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)